Eskalasi Perang Gaza Meningkat, Negara Tetangga Indonesia Ini Kirim Jet Tempur dan Pasukan Elite ke Timur Tengah

Rabu, 25 Oktober 2023 - 16:49 WIB
loading...
Eskalasi Perang Gaza Meningkat, Negara Tetangga Indonesia Ini Kirim Jet Tempur dan Pasukan Elite ke Timur Tengah
Militer Australia dikirim ke Timur Tengah di tengah meningkatnya ketegangan Perang Gaza. Foto/Reuters
A A A
MELBOURNE - Pemerintah Australia mengerahkan lebih banyak personel dan pesawat ke kawasan Timur Tengah sebagai bagian dari "Operasi Beech." Hal tersebut ditegaskan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles.

Marles mengatakan kepada Nine News Australia pada Rabu (25/10/2023) bahwa pemerintah mengirim dua pesawat militer tambahan ke wilayah tersebut, sehingga totalnya ada tiga pesawat.

“Pengerahan pesawat Australia dan personel pendukung Pertahanan merupakan tindakan pencegahan untuk mendukung seluruh opsi darurat Pemerintah Australia karena risiko situasi keamanan semakin memburuk,” kata Marles di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, Rabu.

Pesawat militer tersebut akan didukung oleh “sejumlah besar personel” untuk mendukung pengiriman mereka dan “detasemen komando kecil.”

Dia mengklaim bahwa pasukan Australia berada di sana bukan karena alasan operasional tetapi sebagai “keadaan darurat” untuk mendukung warga Australia di wilayah tersebut.



Ia juga menjelaskan bahwa situasi di kawasan ini “menantang dan berkembang pesat,” seraya menambahkan bahwa warga Australia yang ingin meninggalkan negaranya didorong untuk mengambil pilihan komersial pertama yang tersedia bagi mereka.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong menyerukan “jeda kemanusiaan dalam permusuhan” di Gaza agar pasokan bisa masuk dan warga sipil bisa selamat.

“Kami menyerukan penghentian kemanusiaan dalam permusuhan, sehingga makanan, air, obat-obatan dan bantuan penting lainnya dapat menjangkau orang-orang yang sangat membutuhkan, sehingga warga sipil dapat selamat,” kata Wong dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun resmi X-nya, yang sebelumnya bernama Twitter.

Mengakui terbatasnya akses terhadap bantuan bagi warga Gaza dalam beberapa hari terakhir, Wong mengatakan bantuan tersebut “belum cukup.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0913 seconds (0.1#10.140)