Kekuatan Militer Lebanon dan Suriah Jika Berkoalisi, Siap Menggempur Israel

Selasa, 24 Oktober 2023 - 13:35 WIB
loading...
Kekuatan Militer Lebanon dan Suriah Jika Berkoalisi, Siap Menggempur Israel
Tentara Lebanon memiliki kekuatan yang signifikan. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Kekuatan militer Lebanon dan Suriah jika berkoalisi mungkin bisa membangun kekuatan untuk menggempur pertahanan militer milik Israel.

Lebanon dan Suriah adalah negara yang hidup bertetangga dengan wilayah yang saling berbatasan sepanjang 375 km di wilayah utara dan timur. Kedua negara ini juga memiliki riwayat ketegangan dengan Israel.

Meski dengan latar belakang dan kepentingan yang berbeda, baik Lebanon dan Suriah memiliki keinginan untuk menghancurkan Israel. Bukan suatu hal yang tidak mungkin jika kekuatan militer Lebanon dan Suriah mampu berkoalisi.

Kekuatan Militer Lebanon dan Suriah Jika Berkoalisi

Dikutip dari laman Global Fire Power, kekuatan militer Lebanon berada di peringkat 111 dari 145 negara di dunia yang memiliki kekuatan militer, sedangkan kekuatan militer Suriah berada di peringkat 64.

Kemudian jika dilihat dari sisi personelnya, Lebanon memiliki 80.000 tentara yang aktif dan jumlah paramiliter mencapai 25.000 personel.

Sedangkan Suriah memiliki jumlah personel tentara aktif yang lebih banyak yakni sejumlah 150,000 prajurit dan jumlah paramiliternya mencapai 50,000 prajurit.



Selanjutnya dari segi kekuatan udara, Lebanon dilengkapi dengan pesawat pasukan sebanyak 78 unit, jet tempur 9 unit dan 60 unit helikopter.

Di sisi lain, kekuatan angkatan udara Suriah juga dilengkapi dengan 453 unit aircraft, 208 unit jet tempur dan 18 unit pesawat serang ditambah 155 unit helikopter biasa dengan 27 unit helikopter tempur.

Di pertahanan darat, militer Lebanon diperkuat dengan 361 unit tank, sedangkan Suriah memiliki 2,616 unit tank dan jumlah artillery yang lebih banyak.

Menilik kekuatan laut, Lebanon hanya memiliki 22 kapal patroli tanpa adanya kapal tank perang dan juga kapal selam sebagai kekuatan bawah laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)