5 Negara Timur Tengah dengan Populasi Muslim Terbesar

Senin, 23 Oktober 2023 - 14:19 WIB
loading...
5 Negara Timur Tengah dengan Populasi Muslim Terbesar
Ada lima negara Timur Tengah dengan populasi Muslim terbesar. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Timur Tengah identik dengan komunitas Arab dan Muslim. Ada lima negara di kawasan ini dengan populasi Muslim terbesar.

Timur Tengah kini jadi sorotan dunia setelah perang Israel dan Hamas memanas dan dikhawatirkan meluas ke berbagai negara di kawasan.

Perang besar ini dipicu oleh serangan Hamas, yang diberi nama Operasi Badai al-Aqsa, terhadap Israel pada 7 Oktober lalu. Lebih dari 1.400 orang tewas dan ratusan lainnya diculik.

Sebagai respons, rezim Zionis Israel mendeklarasikan perang dengan nama sandi Operasi Pedang Besi. Gaza dibombardir nyaris tanpa henti. Wilayah itu juga dikepung total. Hingga kini lebih dari 4.000 orang tewas.



Iran telah memperingatkan bahwa situasi di Timur Tengah bisa lepas kendali jika militer Zionis Israel tidak menghentikan invasinya ke Gaza, Palestina.

Sekutu Iran di Lebanon, Hizbullah, juga telah terlibat aksi saling tembak artileri dengan Israel di wilayah perbatasan. Beberapa orang tewas, termasuk seorang komandan militer Zionis.

Situasi semakin genting ketika Amerika Serikat, yang membela Israel, mengerahkan aset-aset tempurnya ke sekitar Timur Tengah. Itu termasuk dua kelompok tempur kapal induk. Amerika berdalih pengerahan aset-aset tempurnya untuk melindungi Israel dari potensi serangan pihak ketiga.

Sementara itu, perang Israel di Gaza tidak memandang agama. Tempat-tempat ibadah, termasuk masjid dan gereja, di Gaza telah dibombardir militer Zionis.

5 Negara Timur Tengah dengan Populasi Muslim Terbesar


Terlepas dari perang yang sedang berlangsung, berikut 5 negara Timur Tengah dengan populasi Muslim terbesar, sebagaimana dikutip dari wisevoter.


1. Mesir

Sebanyak 82 juta orang (95,3 persen)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)