Alabai Jadi Andalan Rusia? Kendaraan Tempur yang Dikenal Gesit di Segala Medan

Minggu, 22 Oktober 2023 - 23:55 WIB
loading...
Alabai Jadi Andalan Rusia? Kendaraan Tempur yang Dikenal Gesit di Segala Medan
Alabai akan menjadi kendaraan tempur andalan Rusia. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Alabai akan menjadi kendaraan tempur Rusia yang mobile dan gesit yang sudah berada di garis depan untuk mengambil bagian dalam misi mulai dari berburu tank hingga mengangkut pasukan dan mengevakuasi korban luka.

Pabrikan kendaraan segala medan Rusia F-Motorsport memproduksi kendaraan Alabai untuk ditempatkan di zona operasi militer khusus.

Kendaraan off-road populer ini, yang diberi nama sesuai dengan jenis anjing Central Asian Shepherd, pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016, dan telah mendapatkan reputasi di Rusia sebagai merek kendaraan yang lincah, bermanuver, andal, sederhana, dan terjangkau serta mampu bertahan dalam kondisi cuaca sulit bahkan di daerah pedesaan yang sangat terpencil di negara ini.

Kendaraan ini dilengkapi motor bertenaga dan drive train, dengan mesin atmosfer dua liter berkekuatan 150 tenaga kuda yang memungkinkannya berakselerasi hingga 140 km per jam bahkan dalam kondisi off-road.



Di bagian depan, misi Alabai mencakup pengintaian dalam kondisi off-road yang tidak dapat dilewati, dengan memasang senapan mesin 7,62 mm dan peluncur granat AGS-30 yang mengubahnya menjadi kendaraan serang ringan.

Mereka juga dapat digunakan sebagai angkutan tanpa lapis baja, mengirim tentara ke depan, mengantarkan perbekalan medis, makanan dan amunisi, dan mengevakuasi korban luka dengan menggunakan kendaraan evakuasi yang dipasang di belakang melalui towbar. Alabai dilaporkan memiliki daya dukung lebih dari 500 kilogram.

“Kereta ini diproduksi oleh biro desain yang berbasis di dekat Moskow. Kami telah menerima enam kendaraan ini, lima di antaranya sudah berada di area operasi militer khusus,” kata perwakilan Front Populer Seluruh Rusia, sebuah koalisi politik yang dibentuk oleh Vladimir Putin pada tahun 2011, dilansir Sputnik.

Front Populer telah menggalang dana untuk pembelian kereta Alabai di situs webnya.

“Alabai serbaguna ringan muncul sebagai respons terhadap realitas operasi militer modern, yang memerlukan mobilitas dan kemampuan manuver kendaraan dengan kemampuan benturan tinggi. Spesialis dari Zubr SOBR [unit polisi khusus Garda Nasional Rusia, red.] telah menguji kendaraan ini dalam kondisi paling sulit,” kata direktur F-Motorsport Eduard Mymrin.

Perang proksi NATO-Rusia di Ukraina telah menyoroti pentingnya mobilitas tinggi bagi pasukan, dengan banyaknya drone, rudal, dan senjata lainnya di garis depan. Itu dikombinasikan dengan kemampuan pengintaian tingkat lanjut, yang berarti perbedaan antara kemenangan dan kekalahan dalam pertempuran benar-benar dapat terjadi hingga ke pihak mana pasukan, tank, dan peralatan lainnya lebih cepat dalam menarik dan bermanuver.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)