Apa Itu Anti-Semit, Narasi yang Digunakan Israel Melawan Pembela Palestina

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 15:57 WIB
loading...
Apa Itu Anti-Semit, Narasi yang Digunakan Israel Melawan Pembela Palestina
Aktivis iklim Swedia Greta Thunberg dituduh menyebarkan pesan anti-Semit secara online setelah dia menyuarakan dukungan untuk Palestina di media sosial X. Foto/via RT
A A A
TEL AVIV - Aktivis iklim Swedia Greta Thunberg dituduh menyebarkan pesan anti-Semit secara online setelah dia menyuarakan dukungan untuk Palestina di media sosial X. Dia pun menghapus posting tersebut setelah mendapat kritik dari para pendukung Israel.

Pada hari Jumat (20/10/2023), Thunberg membagikan foto dirinya dan tiga perempuan lainnya memegang poster dengan slogan-slogan pro-Palestina.

“Hari ini kami melakukan solidaritas dengan Palestina dan Gaza,” tulisnya, menyerukan gencatan senjata di Timur Tengah. "Keadilan dan kebebasan bagi warga Palestina dan semua warga sipil yang terkena dampaknya," lanjut aktivis tersebut.



Beberapa orang dengan cepat melihat bahwa salah satu wanita tersebut mempunyai boneka gurita kecil berwarna biru yang bertengger di lututnya dan menyamakannya dengan kartun anti-Semit yang menggambarkan orang-orang Yahudi sebagai gurita yang mengancam dengan tentakel yang panjang dan jangkauannya jauh.

Gambar-gambar seperti itu telah digunakan di Nazi Jerman dan di tempat lain untuk mempromosikan mitos dan teori konspirasi seputar orang-orang Yahudi dan Yudaisme.

Aktivis tersebut segera menghapus posting aslinya dan membagikan foto yang sama dengan gurita yang dipotong.

“Saya mengetahui bahwa boneka binatang yang ditampilkan di posting-an saya sebelumnya dapat diartikan sebagai simbol anti-Semitisme, yang sama sekali tidak saya sadari,” tulis Thunberg.

“Mainan pada gambar merupakan alat yang sering digunakan oleh penderita autis sebagai cara untuk mengomunikasikan perasaan.”

“Kami tentu saja menentang segala jenis diskriminasi, dan mengutuk anti-Semitisme dalam segala bentuk,” imbuh aktivis tersebut, menjelaskan mengapa dia menghapus posting-an sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1452 seconds (0.1#10.140)