Tak Cuma Masjid, Israel Juga Hancurkan Gereja di Jalur Gaza

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 06:58 WIB
loading...
Tak Cuma Masjid, Israel Juga Hancurkan Gereja di Jalur Gaza
Serangan Israel menghantam sebuah gereja ortodoks di Jalur Gaza. Foto/Asharq Al-Awsat
A A A
JALUR GAZA - Israel terus membombardir Jalur Gaza tanpa pandang bulu. Tidak hanya rumah sakit dan masjid, gereja juga menjadi sasaran serangan Zionis Israel.

Patriarkat Ortodoks Yerusalem, denominasi utama Kristen Palestina, mengatakan bahwa semalam pasukan Israel telah menyerang Gereja Saint Porphyrius di Kota Gaza, tempat ratusan umat Kristen dan Muslim mencari perlindungan.

Dikatakan bahwa menargetkan gereja-gereja yang digunakan sebagai tempat perlindungan bagi orang-orang yang melarikan diri dari pemboman adalah kejahatan perang yang tidak dapat diabaikan.

Video dari lokasi kejadian menunjukkan seorang anak laki-laki yang terluka dibawa dari reruntuhan pada malam hari.



“Mereka merasa akan aman di sini. Mereka datang dari pemboman dan kehancuran, dan mereka mengatakan akan aman di sini namun kehancuran mengejar mereka,” teriak seorang pria seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (21/10/2023).

Kantor media pemerintah yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan 18 warga Kristen Palestina telah terbunuh, sementara Kementerian Kesehatan kemudian menyebutkan jumlah korban jiwa sebanyak 16 orang.

Militer Israel mengatakan sebagian dari gereja tersebut rusak akibat serangan jet tempur terhadap pusat komando Hamas di dekatnya yang terlibat dalam peluncuran roket dan mortir ke arah Israel, dan pihaknya sedang meninjau insiden tersebut.

“IDF (Pasukan Pertahanan Israel) dapat dengan tegas menyatakan bahwa gereja bukanlah sasaran serangan,” katanya.

Israel telah mengumpulkan tank dan pasukan di dekat perimeter Jalur Gaza untuk melakukan invasi darat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)