Jika Terjadi Kesalahan Kalkulasi oleh Israel atau Hizbullah, Perang Besar Akan Pecah

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 21:05 WIB
loading...
Jika Terjadi Kesalahan Kalkulasi oleh Israel atau Hizbullah, Perang Besar Akan Pecah
Hizbullah menjadi kekuatan yang sangat ditakuti Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Ketika Israel memulai serangan darat ke Jalur Gaza, perbatasan utara negara itu dengan Lebanon memanas.

Sejak Hamas melancarkan serangan dahsyat terhadap Israel selatan pada tanggal 7 Oktober, militan Hizbullah dan Palestina telah melakukan serangkaian serangan skala kecil dari Lebanon, yang membuat masyarakat Lebanon dan Israel gelisah, takut akan konflik yang lebih luas yang melanda wilayah tersebut. .

Sejauh ini, Hizbullah masih relatif malu-malu mengenai niatnya. Namun, Sheikh Naim Qassem – wakil pemimpin organisasi tersebut – mengatakan dalam pidatonya pada hari Jumat bahwa mereka siap untuk mengambil tindakan.

“Pertanyaan yang ditunggu-tunggu semua orang adalah apa yang akan dilakukan Hizbullah dan apa kontribusinya,” ujar Sheikh Naim Qassem, dilansir Politico. “Kami akan berkontribusi terhadap konfrontasi sesuai rencana kami – ketika tiba saatnya untuk melakukan tindakan apa pun, kami akan melaksanakannya.”

Reaksi awal Hizbullah di lapangan adalah melancarkan serangan mortir terhadap posisi militer Israel di Peternakan Shebaa – sebuah lereng gunung yang diduduki Israel sejak tahun 1967 dan diklaim sebagai wilayah Lebanon oleh Lebanon.



Kemudian, pada 9 Oktober, seorang letnan kolonel Israel dan dua tentara lainnya tewas saat menghadapi sekelompok pejuang Jihad Islam yang menerobos pagar perbatasan. Tembakan balasan Israel – lebih besar dari biasanya – menewaskan tiga pejuang Hizbullah, dan Hizbullah membalas dengan serangan mortir dan rudal anti-tank terhadap posisi perbatasan Israel, menewaskan sedikitnya satu tentara Israel.

Serangan-serangan ini dimaksudkan untuk mempertahankan tekanan terhadap Israel ketika mereka melancarkan kampanye militer melawan Hamas di Gaza, namun serangan-serangan tersebut masih jauh dari pembukaan front kedua.

Untuk saat ini, Israel tampaknya tidak tertarik untuk menangani Hizbullah di utara, sementara Israel sibuk dengan Hamas di selatan. Namun apakah perubahan perhitungan tersebut tergantung pada seberapa cepat militer Israel berhasil menghancurkan Hamas di Gaza.

Beberapa kelompok garis keras Israel mungkin merasa ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan pukulan telak terhadap Hizbullah, sementara negara-negara Barat mendukung mereka sepenuhnya setelah pembantaian Hamas, dan dengan pengerahan kelompok kapal induk Amerika Serikat di Mediterania timur sebagai upaya pencegahan terhadap Iran dan Hizbullah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)