alexa snippet

Selain Korut, Trump Juga Ancam Venezuela dengan Opsi Militer

Selain Korut, Trump Juga Ancam Venezuela dengan Opsi Militer
Presiden Amerika Serikat Donald John Trump mengancam Venezuela dengan opsi militer. Foto/REUTERS/Jonathan Ernst
A+ A-
BEDMINSTER - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump mengancam akan melakukan intervensi militer di Venezuela sebagai respons terhadap krisis politik di negara tersebut. Ancaman Trump ini mengejutkan, karena Washington juga membuat ancaman serupa terhadap Korea Utara (Korut).

Krisis ekonomi dan politik di Caracas sudah jatuh ke tahan kerusuhan dalam beberapa hari ini. Pasukan anti-pemerintah Presiden Nicolas Maduro sudah menjarah senjata dari sebuah pangkalan militer setelah pemilu untuk membentuk Majelis Konstituante dimenangkan kubu Presiden Maduro.

”Orang-orang menderita dan mereka sekarat. Kami memiliki banyak opsi untuk Venezuela termasuk kemungkinan opsi militer jika diperlukan,” kata Trump kepada wartawan, seperti dilansir Reuters, Sabtu (12/8/2017).

Lebih dari 120 orang telah terbunuh di Venezuela dan ribuan lainnya ditangkap dalam kerusuhan selama lebih dari empat bulan terakhir.

Pemerintah di Caracas belum menanggapi permintaan komentar mengenai ancaman Trump. Meski demikian, pihak berwenang Venezuela telah lama menuduh para pejabat AS merencanakan sebuah invasi terhadap Caracas.

Sementara itu, di Washington, Pentagon mengatakan bahwa mereka tidak menerima perintah apapun dari Gedung Putih terkait krisis Venezuela.

Presiden Trump ditanya wartawan apakah pasukan AS akan memimpin operasi di Venezuela. Trump enggan menjelaskannya.

”Kami tidak membicarakannya, tapi operasi militer, opsi militer, tentu sesuatu yang bisa kami kejar,” kata Trump.

AS sudah menjatuhkan sanksi kepada Presiden Nicolas Maduro dan para pejabat Venezuela pada 31 Juli setelah Maduro membentuk Majelis Konstituante yang dijalankan oleh para loyalisnya di Partai Sosialis.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top