Presiden Mesir Minta Warga Gaza Mengungsi ke Gurun Negev yang Dikuasai Israel

Rabu, 18 Oktober 2023 - 16:39 WIB
loading...
Presiden Mesir Minta Warga Gaza Mengungsi ke Gurun Negev yang Dikuasai Israel
Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi meminta pengungsi Gaza dipindah ke Gurun Negev yang dikuasai Israel. Foto/Reuters
A A A
KAIRO - Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi mengatakan Israel dapat menampung pengungsi Palestina di gurun Negev.

“Ada gurun Negev di Israel. Warga Palestina dapat dipindahkan ke gurun Negev sampai mereka [Israel] melakukan apa yang mereka ingin lakukan terhadap operasi militer di Jalur Gaza sebelum memulangkan [warga Palestina],” kata presiden dalam pidato media bersama Kanselir Jerman Olaf Scholz yang sedang berkunjung, dilansir Al Jazeera.

“Jika warga Palestina dipindahkan ke Mesir, operasi militer yang diprakarsai Israel mungkin akan berlangsung bertahun-tahun yang akan datang. Dalam hal ini, Mesir akan terus menanggung akibatnya dan Sinai akan menjadi basis operasi melawan Israel dan dalam hal ini Mesir akan dicap sebagai basis teroris,” ujarnya.

“Tindakan Israel yang memutus aliran listrik, air, dan listrik adalah cara untuk memindahkan secara paksa warga Palestina ke Semenanjung Sinai, yang kami tolak sepenuhnya.”



Sisi menyatakan bahwa apa yang terjadi di Jalur Gaza saat ini bukanlah keinginan untuk mengarahkan aksi militer terhadap Hamas, melainkan upaya untuk mendorong warga sipil mencari perlindungan di Mesir.

Sisi menekankan bahwa Mesir adalah negara berdaulat dan menolak upaya-upaya tersebut, seraya menambahkan bahwa “jika perlu, saya dapat meminta masyarakat Mesir untuk menyatakan penolakan mereka terhadap gagasan perlindungan, dan kemudian Anda akan melihat jutaan warga Mesir siap untuk berdemonstrasi. sebagai ekspresi penolakan mereka terhadap perpindahan warga Palestina dari Gaza.”

Presiden Sisi menambahkan Mesir menolak solusi militer terhadap perjuangan Palestina atau segala upaya untuk mengusir paksa warga Palestina dari tanah mereka, atau melakukan hal ini dengan mengorbankan kepentingan Palestina. Dia mengatakan, Mesir akan tetap pada posisinya dalam mendukung hak sah warga Palestina atas tanahnya.

“Kami tidak membenarkan tindakan kekerasan apa pun terhadap warga sipil,” tambahnya.

“Selama beberapa tahun terakhir sejak perjanjian damai dengan Israel, kami sangat ingin menjadikan jalur ini sebagai pilihan strategis, dan kami berupaya agar jalur ini didukung oleh negara lain,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)