OKI akan Gelar Pertemuan Darurat Bahas Serangan Brutal Israel di Gaza

Selasa, 17 Oktober 2023 - 12:01 WIB
loading...
OKI akan Gelar Pertemuan Darurat Bahas Serangan Brutal Israel di Gaza
Perwakilan negara anggota mengambil bagian dalam Konferensi Menteri Penerangan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ke-12 di Istanbul, Turki, pada 22 Oktober 2022. Foto/?sa Terli/Anadolu Agency
A A A
JEDDAH - Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) akan mengadakan pertemuan darurat besok untuk membahas situasi yang memburuk dengan cepat di Gaza.

Israel terus melancarkan pemboman brutal di Jalur Gaza dan disebut bertujuan melakukan pembersihan etnis Palestina.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Sabtu, OKI mengumumkan, “Atas undangan Kerajaan Arab Saudi, yang memimpin KTT Islam dan Komite Eksekutif Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Komite Eksekutif Organisasi tersebut mengadakan pertemuan terbuka yang mendesak mengakhiri pertemuan luar biasa di tingkat menteri.”

Bertempat di markas besar Sekretariat Jenderal di kota Jeddah, Saudi, pertemuan luar biasa tersebut dilaporkan bertujuan membahas “situasi militer yang meningkat di Gaza dan sekitarnya serta memburuknya kondisi yang membahayakan kehidupan warga sipil dan keamanan serta stabilitas wilayah secara keseluruhan."

Seruan Arab Saudi untuk mengadakan pertemuan mendesak ini muncul di tengah berlanjutnya pengepungan Israel terhadap Gaza dan memutus semua pasokan listrik, air, makanan, bahan bakar dan bantuan ke wilayah tersebut.

Tidak hanya itu, Israel semakin gencar menggelar pemboman terhadap Jalur Gaza yang dihuni lebih dari 2,3 juta warga Palestina.



Kampanye brutal ini merupakan pembalasan terhadap operasi besar-besaran ke wilayah yang dikuasai Israel oleh kelompok perlawanan Palestina pada tanggal 7 Oktober 2023.

Tel Aviv kini berusaha mendorong warga Gaza Palestina lebih jauh ke selatan menuju perbatasan Mesir yang masih ditutup.

Tindakan ini menegaskan upaya Israel membersihkan warga Palestina dari Gaza dan mengasingkan mereka ke gurun Sinai di Mesir. Langkah Israel itu dikecam dunia internasional.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0825 seconds (0.1#10.140)