Jet Tempur China Cegat Pesawat Kanada Secara Agresif, 2 Kali Tembakkan Suar

Selasa, 17 Oktober 2023 - 03:54 WIB
loading...
Jet Tempur China Cegat Pesawat Kanada Secara Agresif, 2 Kali Tembakkan Suar
Jet tempur China mencegat pesawat Aurora Angkatan Bersenjata Kanada dengan cara agresif pada hari Senin (16/10/2023) di atas perairan internasional di lepas pantai China. Foto/Radio-Canada
A A A
BEIJING - Beberapajet tempur China telah mencegat pesawat Aurora Angkatan Bersenjata Kanada dengan cara agresif pada hari Senin (16/10/2023) di atas perairan internasional di lepas pantai China.

“Mereka menjadi sangat agresif dan pada tingkat tertentu kami menganggapnya tidak aman dan tidak profesional,” kata pejabat militer Kanada, Mayor Jenderal Iain Huddleston kepada Global News, Selasa (17/10/2023).

Jurnalis Global News berada di dalam pesawat militer Kanada untuk melaporkan misi tersebut, yang merupakan bagian dari Operasi NEON—kontribusi Kanada dalam membantu menegakkan sanksi PBB terhadap Korea Utara—ketika pencegatan agresif terjadi.



“Ini adalah peningkatan agresivitas yang benar-benar tidak terduga dan tidak perlu dalam konteks misi yang kami lakukan,” kata Huddleston.

Setidaknya dua jet tempur China yang berbeda mencegat pesawat Kanada secara konsisten selama beberapa jam selama misi yang berdurasi lebih dari delapan jam tersebut. Jet tempur China datang dalam jarak sekitar lima meter dari pesawat Kanada.

Sebagian besar pencegatan dilakukan dalam suatu masalah yang menurut anggota Angkatan Udara Kanada (CAF) kepada Global News mereka anggap profesional. Namun jet terakhir, yang dipersenjatai dengan rudal udara-ke-udara, secara agresif terbang bolak-balik dalam jarak dekat sambil tampak menempatkan pesawat Kanada di titik buta, menurut deskripsi militer dan deskripsi dari kru Global News dalam penerbangan tersebut.

“Saya prihatin ketika mereka melakukan itu. Ada peningkatan risiko interaksi semacam itu dan kami ingin menghindarinya sebisa mungkin. Kami mencatat hal-hal ini melalui rantai dengan bukti yang kami kumpulkan dan kemudian mengizinkan lembaga diplomatik kami untuk terlibat,” kata Huddleston.

Jet tempur China juga menembakkan beberapa suar mirip kembang api di dekat pesawat Kanada. Pencegatan agresif ini terjadi tak lama setelah kru pesawat Kanada kehilangan kontak dengan pangkalan mereka karena kesalahan komunikasi dengan peralatan.

“Insiden suar pertama, pesawat tempur melepaskan dua suar dari sayap kami. Jadi, hal itu tidak terlalu mengkhawatirkan karena pesawat tempurnya stabil, ia menjauh dari kami. Namun kemudian pilot melaporkan bahwa pesawat tersebut menembakkan suar dari dekat bagian depan pesawat sehingga hal ini jauh lebih mengkhawatirkan. Dalam hal eskalasi, itu adalah tindakan yang sangat tidak aman,” kata Huddleston.

Awak pesawat yang beranggotakan 13 orang dalam misi Kanada tersebut bertugas membantu menghentikan pengiriman minyak ilegal ke Korea Utara. Selama misi ini, anggota senior CAF mengatakan kru mengidentifikasi “kapal yang menarik” yang terdaftar.

“Kami di sini menegakkan resolusi PBB. Kami di sini tidak bertindak melawan China. Kami tidak ingin terjadi sesuatu yang tidak diinginkan yang dapat mengakibatkan hilangnya nyawa,” kata Huddleston.

Huddleston mengatakan alasan aktivitas agresif jet tempur China tersebut tidak diketahui dan kru Kanada tetap berada di atas perairan internasional, menyampaikan melalui radio kepada pilot China siapa mereka dan apa yang mereka lakukan.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)