Hanya karena Ucapkan Assalamuaikum ke Tetangga, Polisi Prancis Tangkap Perempuan Muslim

Senin, 16 Oktober 2023 - 07:09 WIB
loading...
Hanya karena Ucapkan Assalamuaikum ke Tetangga, Polisi Prancis Tangkap Perempuan Muslim
Perempuan Muslim di Prancis kerap menjadi korban Islamophobia karena konflik Gaza. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Seorang wanita Prancis ditangkap oleh polisi di ibu kota Paris minggu ini setelah tetangganya melaporkan dia karena menggunakan sapaan tradisional Islam dengan para pekerja di gedung akomodasi mereka. Itu terjadi ketika ketegangan terus meningkat akibat konflik antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina Hamas.

Menurut laporan yang beredar di media sosial, wanita yang tidak disebutkan namanya itu ditahan polisi setelah tetangganya mengajukan pengaduan ketika mendengar dia mengucapkan ‘assalam alaikum’ – ‘saw’ dalam bahasa Arab – kepada beberapa pekerja di gedung bersama mereka.

Melansir Middle East Monitor, perempuan tersebut dilaporkan ditahan sementara sebelum kemudian dibebaskan, dan petugas polisi yudisial membela tindakan mereka dengan menyatakan bahwa “dengan iklim saat ini, kami tidak dapat mengambil risiko apa pun”.



Situasi saat ini yang dikutip oleh pejabat tersebut mengacu pada pemboman brutal Israel di Jalur Gaza dan eksodus paksa lebih dari dua juta warga Palestina yang tinggal di sana, menyusul operasi kelompok perlawanan Hamas ke wilayah yang dikuasai Israel akhir pekan lalu.

Sejak bentrokan baru dimulai, Israel telah melakukan pengepungan total terhadap Gaza dengan memutus semua pasokan listrik, air, makanan, bahan bakar, dan bantuan ke jalur tersebut dan telah mengintensifkan pemboman untuk mendorong warga Palestina lebih jauh ke selatan hingga ke perbatasan Mesir – yang mana masih ditutup – dalam upaya untuk membersihkan seluruh wilayah dari seluruh penduduknya, dalam apa yang dikutuk sebagai kampanye pembersihan etnis dan genosida.



Namun, di luar kawasan Eropa dan dunia Barat yang lebih luas, situasi ini kemudian menyebabkan meningkatnya ketegangan antara individu dan elemen yang pro-Palestina atau pro-Israel dan pendudukannya. Akibatnya, diperkirakan akan terjadi peningkatan serangan atau pelecehan Islamofobia, seperti insiden yang dilaporkan ini.

Laporan penangkapan wanita tersebut dikonfirmasi oleh jurnalis Prancis Widad Ketfi, dan pengacara korban Nabil Boudi menyatakan di X bahwa “klien pada gilirannya ingin mengajukan pengaduan atas tuduhan fitnah”, yang harus ditangani oleh perusahaannya setelah pihak berwenang “ awalnya menolak untuk menerima keluhannya sebelumnya.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)