PBB: 50.000 Wanita Hamil di Gaza Hadapi Mimpi Buruk

Minggu, 15 Oktober 2023 - 17:44 WIB
loading...
PBB: 50.000 Wanita Hamil di Gaza Hadapi Mimpi Buruk
Ribuan perempuan hamil di Gaza mengalami masa-masa sulit. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Sebanyak 50.000 wanita hamil di Gaza menghadapi situasi "mimpi buruk" dengan sistem layanan kesehatan di wilayah terblokade tersebut berada di ambang kehancuran. Hal itu diungkapkan perwakilan Dana Kependudukan PBB (UNFPA) untuk Palestina, Dominic Allen.

Sistem layanan kesehatan di Gaza sangatlah penting. Negara ini sedang diserang, berada di ambang kehancuran, dan para wanita hamil yang sangat kita khawatirkan tidak punya tempat tujuan. "Mereka menghadapi tantangan yang tidak terpikirkan,” kata Allen dalam wawancara dengan CNN pada Minggu.

Allen mengatakan sekitar 5.000 dari 50.000 wanita hamil diperkirakan akan melahirkan pada bulan mendatang, dan beberapa dari mereka mungkin menghadapi komplikasi.



“Bayangkan menjalani proses itu pada tahap akhir dan trimester terakhir sebelum melahirkan, dengan kemungkinan komplikasi, tanpa pakaian, tanpa kebersihan, dukungan, dan tidak yakin tentang apa yang akan terjadi pada hari berikutnya, jam berikutnya, menit berikutnya bagi diri mereka sendiri dan untuk diri mereka sendiri. anak mereka yang belum lahir," kata Allen.

Cerita yang keluar dari rumah sakit sungguh "mengerikan", kata Allen. Seorang bidan di sebuah rumah sakit bersalin di Gaza mengatakan kepada Allen bahwa sejak awal konflik, beberapa bidan bahkan tidak dapat mencapai bangsal bersalin untuk memberikan bantuan karena lingkungan yang tidak aman.



“Bantuan dan pasokan kemanusiaan ke Gaza harus diizinkan masuk. Harus ada koridor kemanusiaan yang dibuka, dan hukum kemanusiaan dipatuhi. Oleh karena itu, para wanita hamil harus mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan yang dapat menyelamatkan nyawa,” kata Allen.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)