Berangus Kejahatan Teroganisir, Brazil Terjunkan 10 Ribu Tentara

Sabtu, 29 Juli 2017 - 16:26 WIB
Berangus Kejahatan Teroganisir, Brazil Terjunkan 10 Ribu Tentara
Berangus Kejahatan Teroganisir, Brazil Terjunkan 10 Ribu Tentara
A A A
BRASILIA - Angkatan bersenjata Brazil telah mulai mengerahkan 10 ribu tentara ke negara bagian Rio de Janeiro. Mereka diterjunkan untuk membantu memerangi kejahatan terorganisir.

Pada hari Jumat truk-truk militer meluncur melalui Rio. Sebanyak 8.500 tentara dimobilisasi. Mereka akan bergabung dengan polisi dan petugas patroli jalan raya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (29/7/2017).

Kekerasan telah meningkat di Rio sejak akhir Olimpiade hampir setahun yang lalu. Lebih dari 90 petugas polisi tewas di negara bagian Rio sepanjang tahun ini.

Minggu lalu, ratusan kerabat polisi berkumpul di pinggir laut di Copacabana untuk memprotes kematian tersebut dan meminta lebih banyak dukungan.

Menteri pertahanan mengatakan bahwa pasukan tersebut melakukan operasi intelijen dan sedang mempersiapkan sejumlah operasi terhadap organisasi kriminal yang terlibat dalam perdagangan narkoba, pencurian kargo dan kegiatan lainnya.

Sebuah keputusan yang ditandatangani oleh Presiden Michel Temer memungkinkan pasukan tersebut untuk tinggal di Rio sampai akhir tahun.

Rata-rata tiga orang terbunuh setiap hari oleh peluru liar dalam enam bulan pertama tahun ini di Rio, banyak di antaranya saat baku tembak antara polisi dan pedagang obat bius.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4318 seconds (0.1#10.140)