Kim Jong-un: Seluruh AS dalam Jangkauan Rudal Korut

Sabtu, 29 Juli 2017 - 10:16 WIB
Kim Jong-un: Seluruh AS dalam Jangkauan Rudal Korut
Kim Jong-un: Seluruh AS dalam Jangkauan Rudal Korut
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, mengklaim jika ia bisa menyerang seluruh wilayah Amerika Serikat (AS). Pernyataan itu dikeluarkannya setelah Korut melakukan uji coba rudal balistik antar benua terbaru.

"Kami telah menunjukkan kemampuan kami untuk menembakkan rudal balistik antar benua setiap saat serta tempat dan seluruh wilayah AS berada dalam jangkauan tembakan kami kami," seperti disadur Bloomberg dari kantor berita Korut, KCNA, mengutip pernyataan Jong-un, Sabtu (29/7/2017).

Dalam laporannya, KCNA mengatakan tes tersebut merupakan bagian dari verifikasi akhir kemampuan teknis rudal Hwasong-14, termasuk jangkauan maksimumnya.

Menurut peneliti di Pusat Studi Nonproliferasi James Martin di California, Melissa Hanham, uji coba terakhir menunjukkan kemajian Korut dalam mengembangkan rudal yang mampu menghantam kota AS seperti Denver atau Chicago. Data awal menunjukkan bahwa jika proyektil semacam itu diluncurkan ke AS, dapat menempuh jarak sekitar 10 ribu km.

"Sudah mendekati New York," kata Hanham melalui email.

Terkait uji coba tersebut, Presiden Donald Trump mengatakan bahwa tes tersebut tindakan sembrono dan berbahaya. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih, AS akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi wilayahnya.

Uji coba terbaru ini menimbulkan juga ketegangan antara kekuatan utama dunia. AS menuduh China dan Rusia melindungi Jong-un untuk mewujudkan ambisi nuklirnya. Sebelumnya Presiden AS, Donald Trump, sempat mengaku frustasi dengan upaya China mengendalikan tetangga dan sekutunya itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6620 seconds (0.1#10.140)