Hamas Minta Warga Gaza Tidak Mengikuti Seruan Evakuasi dari Militer Israel

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 11:36 WIB
loading...
A A A
Namun di Gaza, tidak satupun dari pertahanan berteknologi tinggi tersebut tersedia untuk melindungi Maisara Baroud, 47, ketika gedung apartemennya terkena serangan udara Israel pada Senin malam. Satu-satunya hal yang menyelamatkan dia dan keluarganya: Seorang tetangga berteriak dari jalan.

Tetangganya menerima telepon dari militer Israel yang memberi tahu dia bahwa serangan terhadap bangunan tempat tinggal di dekatnya akan segera terjadi. Namun, tetangganya tetap menyuruh Baroud dan 15 anggota keluarga lainnya yang tinggal di gedung Baroud – termasuk sembilan anak – untuk keluar.

Serangan pertama menghancurkan sebagian besar dari enam bangunan di blok tersebut, termasuk bangunan Baroud.

“Bangunan saya sudah tidak layak huni – tinggal kerangka rumah saja,” katanya. “Pintu-pintunya hancur, dinding luar bangunan semuanya hilang, jendela-jendelanya pecah.”

Namun, Baroud dan yang lainnya berasumsi bahwa keadaan terburuk telah berakhir dan kembali ke gedung untuk menyelamatkan barang-barang mereka. Beberapa menit kemudian, tetangga tersebut menerima telepon lanjutan dari militer Israel bahwa akan terjadi pemboman lanjutan, dan keluarga tersebut kembali melarikan diri.



Serangan kedua menghancurkan rumah Baroud, membuat gedung dan studio seninya menjadi puing-puing.

Ini adalah kenyataan yang dialami warga Palestina yang tinggal di Gaza tanpa perlindungan infrastruktur pertahanan sipil yang kuat. Tanpa sirene serangan udara atau tempat perlindungan bom, lebih dari 2 juta warga Palestina yang tinggal di wilayah yang terkepung – setengahnya adalah anak-anak – bergantung pada panggilan telepon atau pesan teks yang jarang terjadi dari militer Israel untuk memperingatkan mereka akan serangan yang akan terjadi.

"Di Gaza, kami tidak punya apa-apa... Anda tidak punya tempat untuk pergi, tidak ada tempat berlindung dari bom, tidak ada perlindungan, Anda berada di jalan," kata Baroud. "Jika Anda cukup beruntung bahkan mendapat peringatan yang meminta Anda keluar rumah, Anda akan keluar sambil berkata, 'Terima kasih Tuhan.'"

Kurangnya perlindungan sangat kontras dengan sistem pertahanan sipil Israel, yang menghadapi rentetan tembakan roket dari Hamas dalam beberapa hari terakhir. Israel memiliki kemampuan yang rumit dan berteknologi maju – mulai dari deteksi radar dini hingga Iron Dome – yang dimaksudkan untuk melindungi warga sipil jika terjadi serangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)