Hamas Minta Warga Gaza Tidak Mengikuti Seruan Evakuasi dari Militer Israel

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 11:36 WIB
loading...
Hamas Minta Warga Gaza Tidak Mengikuti Seruan Evakuasi dari Militer Israel
Israel meminta warga Gaza untuk mengungsi, tetapi Hamas justru menyatakan warga kota itu siap berperang. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Hamas meminta warga Gaza untuk tetap berjuang dengan tidak mengikuti perintah Israel untuk mengungsi dan meninggalkan wilayah tersebut.

Seorang pejabat Hamas mengatakan bahwa pernyataan PBB yang memperingatkan bahwa Israel telah memerintahkan penduduk di Gaza utara untuk pergi ke wilayah selatan adalah “propaganda palsu”. Hamas telah mendesak warga Palestina di Gaza untuk tidak terpengaruh oleh pernyataan tersebut.

Kemudian, Omar Shakir, Direktur Israel dan Palestina di Human Rights Watch, telah memperingatkan bahwa seruan Israel agar 1,1 juta warga Palestina meninggalkan Gaza utara merupakan perpindahan massal yang belum pernah terjadi dalam beberapa dekade terakhir.

“Ini sama saja dengan membuat lebih dari 1 juta warga Palestina mengungsi – dalam skala yang belum pernah kita lihat sejak Nakba,” kata Shakir dalam sebuah postingan di media sosial. Itu mengacu pada pengungsian paksa lebih dari 700.000 warga Palestina di sekitar berdirinya negara Israel pada tahun 2016. 1948.

“Komunitas internasional harus bertindak untuk mencegah bencana ini. Sejarah tidak akan berbaik hati kepada mereka yang tetap diam.”

Sebelumnya, militer Israel telah memerintahkan warga sipil di Kota Gaza untuk meninggalkan rumah mereka dan mengungsi ke selatan, dan mengatakan pihaknya akan melakukan operasi militer besar-besaran di sana dalam beberapa hari mendatang.

Militer telah mengatakan kepada penduduk Kota Gaza bahwa mereka hanya dapat kembali ke rumah mereka setelah ada pengumuman lain yang mengizinkan mereka untuk kembali ke rumah mereka.



Warga Gaza juga telah diberitahu untuk tidak mendekati area pagar dengan Israel.

Sementara itu, ketika Hamas menembakkan roket ke Israel, detektor peringatan canggih memicu alarm di lingkungan yang menjadi sasaran, warga sipil melarikan diri ke jaringan tempat perlindungan bom yang luas, dan sistem Iron Dome yang dibanggakan berfungsi untuk mencegat proyektil di udara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0976 seconds (0.1#10.140)