12 Pentolan Hamas yang Terbunuh oleh Israel Sepanjang Sejarah, Ada yang Dibuat Film

Rabu, 11 Oktober 2023 - 12:30 WIB
loading...
12 Pentolan Hamas yang Terbunuh oleh Israel Sepanjang Sejarah, Ada yang Dibuat Film
Komandan Brigade Al-Qassam Emad Akel tewas dalam serangan Israel. Foto/x/AdinHaykin1
A A A
GAZA - Sejumlah petinggi Hamas sudah lama diincar oleh Israel untuk dibunuh. Berbagai operasi pun dilancarkan Israel untuk mencapai misinya menghabisi para pemimpin kelompok perlawanan Palestina itu.

Berikut ini 12 pentolan Hamas yang terbunuh oleh Israel sepanjang konflik. Salah satunya ada yang sampai dibuatkan film biografi.

Hamas meluncurkan Operasi Badai al-Aqsa terhadap Israel beberapa waktu lalu. Tindakan ini menjadi pukulan telak bagi Tel Aviv, mengingat banyaknya korban jiwa yang berjatuhan.

Pada riwayatnya, konflik antara Hamas dan Israel memang sudah berlangsung lama. Sejak pendirian Hamas pada 1980-an, keduanya kerap terlibat pertempuran brutal.

Melihat ke belakang, konflik ini telah membunuh banyak orang, termasuk di antaranya adalah para petinggi Hamas. Melihat statusnya, pentolan Hamas ini memang sudah diburu oleh Israel dan kerap dijadikan target pembunuhan.

Pentolan Hamas yang Terbunuh oleh Israel Sepanjang Sejarah

1. Emad Akel


Emad Akel dulunya dikenali sebagai seorang komandan Brigade Al-Qassam yang berstatus sayap militer Hamas. Ia terbunuh oleh pasukan Israel pada sebuah serangan mendadak yang terjadi sekitar tahun 1993.

Saat itu, Akel menjadi salah satu aktivis Hamas yang paling diburu. Maka dari itu, kematiannya dijadikan sebuah pencapaian besar oleh Israel.

Demi mengenang jasa-jasanya, Hamas bahkan merilis sebuah film biografi yang menceritakan kehidupan Akel. Film tersebut kabarnya rilis secara terbatas di Palestina pada 2009 lalu.

2. Salah Shehade


Salah Mustafa Shehade merupakan salah satu pilar penting dari sayap militer Hamas, yaitu Brigade Al-Qassam. Ia terbunuh dalam sebuah serangan pesawat tempur F-16 milik Israel pada Juli 2002.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0787 seconds (0.1#10.140)