Pemimpin Hamas Ternyata Terkejut ketika Israel Gagal Menghalau Operasi Badai Al-Aqsa

Rabu, 11 Oktober 2023 - 02:02 WIB
loading...
Pemimpin Hamas Ternyata Terkejut ketika Israel Gagal Menghalau Operasi Badai Al-Aqsa
Hamas ternyata terkejut ketika Israel gagal menghentikan serangan Operasi Badai Al-Aqsa. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Hamas terkejut dengan keberhasilan serangan mendadaknya selama akhir pekan, dan betapa lemahnya pasukan Israel dalam melawan serangan mereka.

“Kami terkejut dengan keruntuhan besar ini,” kata Ali Barakeh, anggota kepemimpinan Hamas di pengasingan, kepada kantor berita tersebut, dilansir Insider.

Barakeh menambahkan bahwa militan Hamas "berencana untuk memperoleh keuntungan dan mengambil tawanan untuk ditukarkan." "Namun kita mendapati tentara Israel seperti macan kertas," katanya.

Pada hari Sabtu, pejuang Hamas melancarkan serangan mendadak melalui laut, udara, dan darat yang tampaknya membuat intelijen Israel lengah, menurut analis militer.

David Khalfa, dari Observatorium Afrika Utara dan Timur Tengah di Fondation Jean-Jaurès, mengatakan kepada France 24 bahwa serangan itu adalah "kegagalan bersejarah" bagi dinas intelijen Israel.



Bruce Hoffman, peneliti senior bidang kontraterorisme dan keamanan dalam negeri di Dewan Hubungan Luar Negeri, mengatakan kepada NPR bahwa: "Tidak ada badan intelijen nasional yang mahatahu atau tanpa cacat, namun ini hanyalah kegagalan besar."

Israel dianggap memiliki salah satu jaringan intelijen tercanggih di Timur Tengah, dengan badan-badan utama dan informan dimasukkan ke dalam kelompok militer. Demikian ungkap koresponden keamanan BBC Frank Gardner.

Sumber-sumber pemerintah Israel mengatakan kepada Gardner bahwa penyelidikan besar-besaran mengenai kegagalan intelijen Israel dalam memprediksi serangan tersebut kini sedang berlangsung, dan seorang pejabat mengindikasikan bahwa penyelidikan tersebut dapat memakan waktu bertahun-tahun.

Barakeh juga mengatakan kepada AP bahwa Hamas, hingga saat ini, hanya mengerahkan sebagian kecil pasukannya. Dia mengatakan hampir 2.000 pejuang Hamas ambil bagian dalam pertempuran tersebut, dari 40.000 pejuang di Gaza saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)