10 Strategi Mohammed Deif dalam Menebar Teror kepada Israel, Salah Satunya Bermain Propaganda

Rabu, 11 Oktober 2023 - 03:03 WIB
loading...
10 Strategi Mohammed Deif dalam Menebar Teror kepada Israel, Salah Satunya Bermain Propaganda
Mohammed Deif dikenal sebagai pemimpin Hamas yang menjadi arsitek serangan Operasi Badai Al-Aqsa. Foto/sot
A A A
GAZA - Mohammed Deif terkenal sulit dipahami, menyembunyikan wajahnya dari ranah publik dan jarang muncul dalam pesan video - termasuk setelah serangan mendadak Hamas terhadap Israel.

Bagaimana sebenarnya strategi pria yang dijuluki "The Guest" atau "kucing dengan sembilan nyawa" dalam memimpin Operasi Badai Al-Aqsa.

Berikut adalah 10 fakta yang menunjukkan strategi Mohammed Deif dalam menebar teror kepada Israel melalui Operasi Badai Al-Aqsa.

1. Bersembunyi dalam Bayangan

Melansir Sky News, dalang serangan Hamas terhadap Israel pada Sabtu adalah sosok bayangan.

Mohammed Deif, komandan sayap militer kelompok militan, dikenal sebagai "Tamu", atau terkadang "kucing dengan sembilan nyawa".

Julukan kedua merujuk pada kepiawaiannya menghindari upaya pembunuhan Israel.

Yang pertama diambil dari nama namanya de guerre - Deif berarti tamu dalam bahasa Arab - merujuk pada kebiasaannya tinggal bersama simpatisan yang berbeda setiap malam untuk menghindari deteksi.

2. Selalu Memberi Ancaman sebelum Perang Dimulai

Beberapa jam setelah serangan mendadak Hamas terhadap Israel, Deif muncul dalam rekaman pesan video, mengumumkan dimulainya apa yang disebutnya "Operasi Badai Al Aqsa".

“Cukup sudah,” katanya dalam pesan tersebut, sambil menyerukan kepada warga Palestina untuk bergabung dalam perjuangan ini.

Dia mengatakan serangan itu merupakan respons terhadap blokade Gaza selama 16 tahun, serangan Israel di kota-kota Tepi Barat selama setahun terakhir, kekerasan di Al Aqsa – situs suci Yerusalem yang disengketakan – meningkatnya serangan pemukim terhadap warga Palestina dan pertumbuhan permukiman.

“Kami telah memutuskan untuk mengakhiri semua ini,” katanya.

3. Menginisiasi Serangan Berani Mati

Deif bergabung dengan Hamas sekitar tahun 1990 dan mempelajari keterampilan pembuatan bom di bawah bimbingan Yehya Ayyash, seorang pembuat bom terkenal yang dikenal sebagai "insinyur".

Dia dituduh mendalangi serangkaian bom bunuh diri sejak tahun 1995 dan seterusnya dan secara pribadi dianggap bertanggung jawab atas kematian puluhan warga Israel.

4. Memanfaatkan Jaringan Terowongan Bawah Tanah di Gaza

Dia juga dianggap sebagai arsitek jaringan terowongan canggih di bawah Jalur Gaza dan merancang roket Qassam.

5. Selalu Mengembangkan Senjata Baru

Sumber Hamas, yang mengenal Deif sejak tahun 1990an, mengatakan kepada Reuters bahwa Deif telah menjadi pusat perkembangan sayap bersenjata sejak tahun 1994.

Pada tahun 2002, ia menjadi kepala Brigade Qassam – cabang militer Hamas – setelah Israel membunuh mantan pemimpinnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)