Maryam Mirzakhani, Si Genius Iran Peraih Nobel Meninggal di AS

Minggu, 16 Juli 2017 - 03:50 WIB
Maryam Mirzakhani, Si Genius Iran Peraih Nobel Meninggal di AS
Maryam Mirzakhani, Si Genius Iran Peraih Nobel Meninggal di AS
A A A
WASHINGTON - Maryam Mirzakhani, seorang matematikawan genius kelahiran Iran meninggal di rumah sakit Amerika Serikat (AS) karena kanker. Dia merupakan wanita pertama pemenang Fields Medal atau Nobel Matematika yang didambakan kalangan ilmuwan.

Mirzakhani meninggal di usia 40 tahun. Meninggalnya si genius Iran ini membuat Presiden Hassan Rouhani bersedih.

Teman Mirzakhani, Firouz Naderi, mengumumkan kematiannya pada hari Sabtu di Instagram. Kerabatnya kemudian mengonfirmasi berita duka itu kepada media Iran, Mehr.

”Sebuah lampu dimatikan hari ini, menghancurkan jiwa saya, terlalu jauh,” tulis Naderi, mantan direktur Solar Systems Exploration di NASA.

”Seorang genius? Ya, tapi juga anak perempuan, ibu dan istri,” imbuh dia, yang dikutip Minggu (16/7/2017).

Mirzakhani, seorang profesor di Stanford University di California, meninggal setelah berjuang melawan kanker selama empat tahun. Kanker telah menyebar ke sumsum tulangnya.

Pada tahun 2014 Mirzakhani memenangkan Fields Medal yang diberikan Kongres Matematikawan Internasional.

Penghargaan tersebut mengakui kontribusinya yang hebat dan sangat orisinal di bidang geometri dan sistem dinamis, terutama dalam memahami simetri permukaan melengkung seperti bola.

Lahir pada tahun 1977 dan dibesarkan di Teheran, dia sempat mengenyam bangku pendidikan di Universitas Sharif.

Mirzakhani awalnya bermimpi untuk menjadi seorang penulis, namun pada saat dia mulai SMA dia mengubah cita-citanya setelah memecahkan masalah matematika.

”Menyenangkan, ini seperti memecahkan teka-teki atau menghubungkan titik-titik dalam kasus detektif,” katanya saat ia memenangkan Medali Fields.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4105 seconds (0.1#10.140)