Perbandingan Kekuatan Militer Israel Vs Palestina, Siapa Pemenangnya?

Minggu, 08 Oktober 2023 - 20:35 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer Israel Vs Palestina, Siapa Pemenangnya?
Militer Israel memang unggul secara kekuatan, tetapi Palestina memiliki semangat dan dukungan geopolitik yang kuat. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel dan pejuang Palestina telah berperang beberapa kali sejak Hamas mengambil alih kekuasaan di Gaza pada tahun 2007. Perang terbaru terjadi ketika Operasi Badai Al-Aqsa diluncurkan oleh Hamas.

Berikut adalah perbandingkan kekuatan militer Israel vs Palestina.

1. Kekuatan Militer Israel vs Palestina

Perbandingan Kekuatan Militer Israel Vs Palestina, Siapa Pemenangnya?

Foto/Reuters

Melansir defencestreet, keseimbangan militer antara Israel dan Palestina sangat timpang. Israel memiliki militer yang mapan dan berteknologi maju, termasuk angkatan darat, angkatan udara, dan angkatan laut yang terlatih. Israel memiliki peralatan modern, kemampuan intelijen, dan infrastruktur pertahanan yang kuat.

Di sisi lain, wilayah Palestina, khususnya Jalur Gaza dan Tepi Barat, tidak memiliki kekuatan militer yang terpusat. Situasinya rumit, dengan berbagai faksi, termasuk Hamas di Gaza dan Otoritas Palestina di Tepi Barat. Meskipun beberapa kelompok memiliki kekuatan paramiliter, mereka tidak bisa dibandingkan dalam hal skala, pelatihan, atau teknologi dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Keunggulan militer Israel terlihat dari persenjataannya yang canggih, termasuk angkatan udara dan sistem pertahanan rudal yang canggih. Negara ini memiliki wajib militer, yang berkontribusi pada jumlah tentara tetap yang besar dan terlatih. Israel juga mendapat manfaat dari aliansi internasional yang kuat, khususnya dengan Amerika Serikat.

2. Siapa yang akan menang dalam perang antara Israel dan Palestina?

Perbandingan Kekuatan Militer Israel Vs Palestina, Siapa Pemenangnya?

Foto/Reuters

Berspekulasi mengenai hasil perang hipotetis antara Israel dan Palestina adalah hal yang kompleks dan sensitif. Perang mempunyai konsekuensi yang parah, dan diskusi seputar skenario tersebut terlalu menyederhanakan konflik Israel-Palestina yang mengakar dan memiliki banyak segi.

Jika kita mempertimbangkan kemampuan militer saat ini, Israel memiliki militer yang lebih maju dan lengkap dibandingkan dengan faksi atau kelompok tertentu di Palestina. Israel memiliki militer yang sangat terlatih dan berteknologi maju, termasuk angkatan udara yang kuat, kemampuan intelijen yang canggih, dan persenjataan modern. Selain itu, Israel mendapat manfaat dari aliansi internasional yang kuat, khususnya dengan Amerika Serikat.

Namun, memprediksi akibat suatu konflik merupakan sebuah tantangan, karena berbagai faktor ikut berperan, termasuk dinamika geopolitik, keterlibatan internasional, dan sifat konflik itu sendiri. Konflik Israel-Palestina berakar kuat pada isu-isu sejarah, politik, dan budaya, dan setiap upaya untuk menyederhanakannya menjadi konfrontasi militer mengabaikan kompleksitas dan korban jiwa yang terlibat.


3. Kekuatan Militer Israel

Perbandingan Kekuatan Militer Israel Vs Palestina, Siapa Pemenangnya?

Foto/Reuters

Israel memiliki militer yang tangguh dan berteknologi maju. Berikut adalah aspek-aspek penting dari kekuatan militer Israel:

Pasukan Pertahanan Israel (IDF): IDF adalah gabungan kekuatan militer Israel, yang terdiri dari angkatan darat, angkatan udara, dan angkatan laut. Negara ini menerapkan wajib militer berdasarkan wajib militer, artinya sebagian besar warga negara Israel diwajibkan untuk bertugas di militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)