Siapakah Narges Mohammadi, Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian?

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 22:03 WIB
loading...
Siapakah Narges Mohammadi, Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian?
Narges Mohammadi. Foto/Euroactive
A A A
JAKARTA - Ketika Ketua Komite Nobel Norwegia mengumumkan pemenang hadiah Nobel Perdamaian, Narges Mohammadi, dia membacakan slogan yang terkait dengan gerakan hak-hak perempuan di Iran.

“Perempuan, kehidupan, kebebasan,” kata Berit Reiss-Andersen, Jumat (6/10/2023).

Mohammadi adalah seorang aktivis hak asasi manusia dan fisikawan Iran terkemuka yang telah berjuang melawan penindasan terhadap perempuan di Iran.

Berikut sekilas profil aktivis perempuan Iran itu yang saat ini mendekam di penjara.

Siapakah Narges Mohammadi?


Aktivis perempuan Iran Narges Mohammadi selama beberapa dekade telah berkampanye mengenai isu-isu paling sensitif di republik Islam tersebut. Ia menentang pilar-pilar sistem ulama termasuk hukuman mati dan kewajiban hijab, dan dengan tegas menolak untuk menghentikan kampanyenya bahkan di balik jeruji besi.

Dia tidak bertemu anak-anaknya selama delapan tahun, menghabiskan sebagian besar hidupnya di penjara dan mengakui bahwa tidak ada kemungkinan pembebasan dalam waktu dekat.

Namun dia tetap menegaskan perjuangannya tidak sia-sia, dan mengatakan bahwa gerakan protes yang meletus satu tahun lalu di Iran melawan republik Islam tersebut masih hidup.

Pertama kali ditangkap 22 tahun lalu, Mohammadi (51), telah menghabiskan sebagian besar waktunya selama dua dekade terakhir keluar masuk penjara karena tak henti-hentinya mengkampanyekan hak asasi manusia di Iran. Dia terakhir dipenjara sejak November 2021.

Aktivis tersebut "adalah orang paling gigih yang saya kenal,” kata suaminya Taghi Rahmani, yang menjadi pengungsi di Prancis sejak 2012 bersama dua anak mereka, si kembar yang kini berusia 17 tahun, kepada AFP.

“Dia punya tiga tujuan dalam hidupnya – penghormatan terhadap hak asasi manusia, komitmen feminisnya, dan keadilan atas semua kejahatan yang telah dilakukan,” kata Rahmani.

Meskipun dia hanya bisa menyaksikan dari balik jeruji besi protes yang terjadi setelah kematian Mahsa Amini pada 16 September 2022 – yang ditangkap karena melanggar aturan berpakaian bagi perempuan yang ketat di Iran – ia mengatakan gerakan ini memperjelas tingkat ketidakpuasan di masyarakat.

“Pemerintah tidak mampu mematahkan protes rakyat Iran,” katanya kepada AFP pada bulan September dalam jawaban tertulis dari penjara Evin di Teheran tempat dia ditahan, menggambarkan gelombang protes sebagai hal yang “tidak dapat diubah.”

Suara Bagi Mereka yang Tak Bersuara


Lahir pada tahun 1972 di Zanjan, barat laut Iran, Mohammadi belajar fisika sebelum menjadi seorang insinyur. Namun dia kemudian memulai karir baru di bidang jurnalisme, bekerja untuk surat kabar yang saat itu merupakan bagian dari gerakan reformis.

Pada tahun 2000-an, ia bergabung dengan Pusat Pembela Hak Asasi Manusia, yang didirikan oleh pengacara Iran Shirin Ebadi, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2003, yang secara khusus memperjuangkan penghapusan hukuman mati.

"Narges mempunyai kemungkinan untuk meninggalkan negara itu tetapi dia selalu menolak... Dia menjadi suara bagi mereka yang tidak bersuara," kata Reza Moini, seorang aktivis hak asasi manusia Iran yang berbasis di Paris yang mengenalnya dengan baik.

“Bahkan di penjara, dia tidak melupakan tugasnya dan memberikan informasi tentang situasi para tahanan,” imbuh Moini.

Dalam bukunya "Penyiksaan Putih", Mohammadi mengecam kondisi penahanan para tahanan, khususnya penggunaan sel isolasi, yang menurutnya juga dialami oleh dirinya sendiri.

Pembaruan rutin tentang situasi di penjara diposting di akun Instagram yang dijalankan oleh keluarganya.

Mohammadi dan rekan-rekan narapidana pada peringatan kematian Mahsa Amini melakukan protes simbolis di halaman rumah Evin dengan membakar jilbab mereka.

Hancurnya Hati Mohammadi


Mohammadi pada bulan September mengatakan kepada AFP bahwa dia saat ini menjalani hukuman gabungan 10 tahun dan sembilan bulan penjara, juga telah dijatuhi hukuman 154 cambukan dan lima kasus yang menjeratnya terkait dengan aktivitasnya di penjara saja.

“Saya hampir tidak punya prospek kebebasan,” katanya.

Amnesty International menggambarkannya sebagai tahanan hati nurani yang ditahan secara sewenang-wenang.

Mohammadi sangat merindukan masa kecil anak kembarnya, Kiana dan Ali, serta rasa sakit karena berpisah dari suaminya, Rahmani.

"Dalam 24 tahun menikah, kami hanya hidup bersama selama lima atau enam tahun!" katanya.

Selain tidak dapat bertemu dengan anak-anak tersebut selama delapan tahun, pembatasan panggilan telepon yang diberlakukan oleh penjara membuat dia bahkan tidak mendengar suara mereka selama lebih dari satu setengah tahun.

“Penderitaan saya yang paling tidak dapat disembuhkan dan tidak dapat digambarkan adalah kerinduan untuk bersama anak-anak saya, yang kehidupannya telah saya tinggalkan ketika mereka berusia delapan tahun,” katanya kepada AFP.

“Harga dari perjuangan bukan hanya penyiksaan dan penjara, tapi hati yang hancur karena setiap penyesalan dan rasa sakit yang menusuk sampai ke sumsum tulangmu,” imbuhnya.

Namun dia menambahkan: "Saya percaya bahwa selama demokrasi, kesetaraan dan kebebasan belum tercapai, kita harus terus berjuang dan berkorban."
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0869 seconds (0.1#10.140)