Putin Ungkap Mendiang Bos Wagner Prigozhin Simpan 5 Kilogram Kokain

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 10:01 WIB
loading...
Putin Ungkap Mendiang Bos Wagner Prigozhin Simpan 5 Kilogram Kokain
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato pada Pertemuan Tahunan ke-20 Klub Diskusi Valdai di Sochi, Rusia, 5 Oktober 2023. Foto/Sputnik/Grigory Sysoyev/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (5/10/2023) mengungkap simpanan kokain ditemukan di kantor perusahaan militer swasta Wagner Group.

Bos Wagner, pengusaha Evgeny Prigozhin, tewas dalam kecelakaan pesawat pada Agustus, dua bulan setelah melancarkan pemberontakan singkat yang gagal.

“Kita tahu bahwa… (Dinas Keamanan Federal) tidak hanya menemukan 10 miliar (rubel) uang tunai di (kantor) perusahaan di St Petersburg, tetapi juga 5 kilogram kokain,” ungkap Putin dalam sesi Klub Diskusi Valdai di Sochi.

Polisi dan petugas keamanan menggerebek properti milik Wagner tak lama setelah pemberontakan Prigozhin.

Pada tanggal 23 Juni, Prigozhin mengumumkan pasukannya akan bergerak menuju Moskow, tetapi mundur keesokan harinya setelah mencapai kesepakatan dengan pihak berwenang.

Prigozhin dan beberapa rekan dekatnya meninggal pada 23 Agustus, ketika jet bisnisnya jatuh di Rusia barat.

Berbicara di forum Valdai, Putin berbagi beberapa temuan penyelidikan atas kecelakaan tersebut.

“Ketua Komite Investigasi baru-baru ini memberi tahu saya bahwa pecahan granat tangan ditemukan di tubuh para korban,” ungkap presiden Putin.



Putin menjelaskan, “Tidak ada dampak luar terhadap pesawat. Sekarang ini adalah fakta yang sudah terkonfirmasi.”

Presiden menambahkan, jenazah tersebut belum diperiksa apakah ada jejak narkoba dan alkohol. “Saya yakin pemeriksaan seperti itu harus dilakukan,” ujar dia.

Putin sebelumnya memuji pejuang Wagner atas peran mereka dalam operasi militer Rusia di Ukraina.

Pada saat yang sama, dia mengatakan pada Agustus bahwa Prigozhin telah melakukan “kesalahan serius,” dan dia telah menipu anak buahnya sendiri ketika memicu pemberontakan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)