Rusia Resmi Serahkan Bahan Bakar Nuklir ke Bangladesh

Kamis, 05 Oktober 2023 - 20:15 WIB
loading...
A A A
Batch pertama uranium, bahan bakar nuklir untuk unit pertama Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Rooppur, tiba di Bangladesh pekan lalu, menurut laporan media lokal.

Pengiriman uranium tiba di Dhaka dari Rusia melalui kargo udara khusus dan dipindahkan ke pabrik melalui jalan darat dengan pengamanan ketat keesokan harinya.

Bahan bakar nuklir tersebut dibawa ke Bandara Internasional Hazrat Shahjalal di Dhaka dengan pesawat khusus dari pabrik di Rusia.

Bahan bakar tersebut diproduksi di Pabrik Konsentrat Kimia Novosibirsk di Rusia, anak perusahaan dari perusahaan manufaktur bahan bakar Rosatom, TVEL.

RNPP yang berjarak sekitar 140 km sebelah barat Dhaka, merupakan proyek infrastruktur terbesar di Bangladesh hingga saat ini dan merupakan bagian penting dari rencana untuk beralih dari batu bara dan bahan bakar fosil lainnya.

Pemerintah meluncurkan program tenaga nuklir pada 2009, dan pada 2016, kemajuan signifikan dicapai dalam pembentukan proyek pembangkit listrik tenaga nuklir pertama.

Bangladesh menandatangani Perjanjian Antarpemerintah dengan Rusia pada 2011.

Pada tahun-tahun berikutnya, pemerintah Bangladesh dan Rusia menandatangani beberapa perjanjian kredit antarpemerintah senilai sekitar USD12 miliar untuk pembiayaan proyek tersebut.

Batu fondasi untuk PLTN Rooppur diletakkan pada Oktober 2013 dan beton pertama untuk tahap konstruksi utama dituangkan pada November 2017.

PLTN Rooppur sedang dibangun sesuai dengan desain VVER (Reaktor Daya Air Moderat Berpendingin Air) Rusia AES-2006 (VVER-1200, V-392M) dan pengalaman commissioning PLTN Novovoronezh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)