Inggris Peringatkan Rusia Berpotensi Serang Kapal Kargo di Laut Hitam

Kamis, 05 Oktober 2023 - 10:57 WIB
loading...
Inggris Peringatkan Rusia Berpotensi Serang Kapal Kargo di Laut Hitam
Inggris peringatkan Rusia berpotensi menyerang kapal kargo di Laut Hitam. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Pemerintah Inggris memperingatkan bahwa Rusia dapat menargetkan kapal kargo sipil di Laut Hitam dengan memasang ranjau laut di dekat pelabuhan Ukraina dan kemudian menyalahkan Ukraina.

London bulan lalu mengatakan bahwa pasukan Rusia menargetkan sebuah kapal kargo sipil di wilayah tersebut dengan “beberapa rudal”, namun mereka berhasil dicegat oleh pertahanan udara.

Mengutip data intelijen yang tidak diklasifikasikan, laporan tersebut mengatakan ada risiko serangan terhadap kapal kargo yang melewati “koridor kemanusiaan” Ukraina untuk menghalangi ekspor biji-bijian Ukraina.



“Penargetan Rusia terhadap pelayaran sipil di Laut Hitam menunjukkan ketidakpedulian Putin terhadap kehidupan warga sipil dan kebutuhan kelompok paling rentan di dunia,” kata Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly.

“Dunia sedang menyaksikan – dan kita melihat upaya sinis Rusia yang menyalahkan Ukraina atas serangan mereka,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (5/10/2023).

Departemen Cleverly mengatakan dengan merilis penilaian laporan intelijen, Inggris berupaya mengungkap taktik Rusia untuk mencegah terjadinya insiden semacam itu.

Rusia telah menarik diri dari perjanjian biji-bijian Laut Hitam pada bulan Juli lalu.



Sejak itu, serangan Rusia telah merusak 130 fasilitas infrastruktur pelabuhan dan menghancurkan hampir 300.000 ton biji-bijian – cukup untuk memberi makan lebih dari satu juta orang selama setahun, kata Inggris.

Pada hari Rabu, Perdana Menteri Rishi Sunak menegaskan kembali dukungan Inggris terhadap Ukraina dan Presiden Volodymyr Zelensky, mendesak sekutu Barat yang ragu-ragu untuk mempertahankan pasokan senjata.

“Jika kita memberikan alat kepada Presiden Zelensky, Ukraina akan menyelesaikan tugasnya,” katanya pada konferensi tahunan partai Konservatif yang berkuasa di Manchester, barat laut Inggris.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)