Tak Berhijab, Seorang Gadis Dipukuli Polisi Moral Iran hingga Koma

Kamis, 05 Oktober 2023 - 01:04 WIB
loading...
A A A
Beberapa pengguna media sosial Iran mencatat bahwa video yang dirilis oleh pihak berwenang hanya menunjukkan peron dan bukan bagian dalam kereta. Rekaman pintu masuk stasiun, tempat pemeriksaan hijab, juga tidak dirilis.

Kasus tersebut juga mirip dengan kasus Mahsa Amini, seorang wanita Kurdi berusia 22 tahun yang meninggal dalam tahanan pada September 2022 setelah ditahan oleh polisi moral di Teheran karena diduga mengenakan jilbabnya.

Saksi mata mengatakan dia dipukuli oleh petugas, namun pihak berwenang menghubungkan kematiannya dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.

Video CCTV yang memperlihatkan Amini pingsan di pusat penahanan dan foto dirinya di rumah sakit membuat marah banyak warga Iran, dan protes anti-pemerintah meletus di seluruh negeri ketika dia meninggal setelah tiga hari dalam keadaan koma.

Ratusan orang tewas dan ribuan lainnya ditahan dalam tindakan keras yang dilakukan pasukan keamanan.

Setahun setelah kematian Mahsa Amini, sebagian besar protes telah mereda. Namun demonstrasi sporadis masih terjadi dan banyak anak perempuan dan perempuan berhenti menutupi rambut mereka di depan umum karena melanggar aturan berpakaian.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)