Dramatis, Jet Tempur Su-33 Rusia Jatuh dari Kapal Induk Kuznetsov lalu Tenggelam

Rabu, 04 Oktober 2023 - 17:24 WIB
loading...
A A A
Laporan media Rusia menyalahkan "kegagalan kabel sistem penahan" atas insiden tersebut.

Namun ini adalah kerugian memalukan kedua dalam hitungan minggu karena pada bulan November tahun itu, sebuah jet tempur MiG-29 juga jatuh ke laut ketika mencoba mendarat di kapal induk Admiral Kuznetsov.

Kedua bangkai pesawat tersebut diyakini telah diselamatkan oleh spesialis dari Rusia setahun setelah tenggelam.

Kapal induk andalan Angkatan Laut Rusia itu dikerahkan ke Laut Mediterania timur pada tahun yang sama namun secara misterius diperintahkan kembali hanya beberapa bulan kemudian.

Kapal ini belum pernah terlihat lagi beroperasi sejak tahun 2018 dan selama lima tahun terakhir, kapal tersebut berada di dok kering menunggu perbaikan dan upgrade.

Diperlukan waktu beberapa bulan sebelum kapal Admiral Kuznetsov terlihat lagi di perairan internasional, meskipun para pejabat Rusia telah memperingatkan hal ini dapat tertunda jika terjadi masalah.

Satu-satunya kapal induk Rusia ini telah mengalami banyak kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir dan pada Desember 2022 terbakar saat ditambatkan di Murmansk, sebuah kota pelabuhan di barat laut Rusia.

Tiga tahun sebelumnya pada tahun 2019, pabrik tempat perbaikannya juga dilalap api, yang menewaskan sedikitnya satu pekerja dan menyebabkan hampir selusin lainnya terluka.

Pada tahun 2018, Laksamana Kuznetsov mengalami kerusakan parah setelah sebuah derek besar jatuh menimpanya, menewaskan satu pekerja dan melukai empat lainnya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)