5 Fakta Permusuhan Pemerintah Turki dan Pemberontak PKK

Selasa, 03 Oktober 2023 - 22:05 WIB
loading...
5 Fakta Permusuhan Pemerintah Turki dan Pemberontak PKK
Pemerintah Turki terus melancarkan serangan balasan ke basis pemberontak PKK. Foto/Reuters
A A A
ANKARA - Partai Pekerja Kurdistan (PKK) menjadi sorotan setelah Turki menyalahkan partai tersebut atas ledakan bunuh diri hari Minggu (1/10/2023) di depan Kementerian Dalam Negeri di Ankara. PKK belum secara resmi mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Dalam beberapa jam setelah serangan itu, Turki melancarkan serangan udara di Irak utara, menargetkan 20 posisi PKK. Ankara telah lama mengklaim bahwa PKK berlindung di seberang perbatasan provinsi Kurdi di Irak.

PKK telah ditetapkan sebagai “organisasi teroris” oleh Ankara dan sekutu NATO-nya, yang mengutuk serangan hari Minggu itu sebagai “terorisme”.

Lantas, apa cerita di balik serangan ini?Berikut adalah 4 jejak permusuhan Pemerintah Turki dan Pemberontak PKK.

1. Serangan yang Mengguncang Ankara

5 Fakta Permusuhan Pemerintah Turki dan Pemberontak PKK

Foto/Reuters

Pada hari Minggu, sebuah mobil dengan dua pria di dalamnya berhenti di gerbang Kementerian Dalam Negeri di lingkungan Kizilay di ibu kota Turki.

Rekaman kamera keamanan menunjukkan para penyerang keluar dari mobil dan orang yang duduk di kursi penumpang bergegas menuju gerbang dengan membawa senapan serbu atau peluncur roket sebelum diliputi ledakan. Lalu, orang kedua mulai menembak.

Pihak berwenang Turki mengatakan pelaku pertama tewas ketika dia meledakkan bom ke arah dirinya, dan penyerang kedua ditembak mati. Dua petugas polisi terluka ringan.

Para penyerang diyakini memulai operasi mereka di Kayseri, 260km tenggara Ankara di mana mereka diduga membunuh seorang dokter hewan dan mengambil kendaraannya untuk menghindari timbulnya kecurigaan di Ankara.

Sebuah peluncur roket RPO-A Shmel buatan Rusia ditemukan di lokasi kejadian.


2. Serangan Dilaksanakan oleh Brigade of Immortals

5 Fakta Permusuhan Pemerintah Turki dan Pemberontak PKK

Foto/Reuters

Sebuah pernyataan yang dikaitkan dengan PKK, yang mengklaim mereka berada di balik ledakan tersebut. Demikian dilaporkan kantor berita pro-Kurdi ANF
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)