Menunggu 128 Tahun, Mumi Stoneman Willie Akhirnya Dikubur

Selasa, 03 Oktober 2023 - 16:05 WIB
loading...
Menunggu 128 Tahun, Mumi Stoneman Willie Akhirnya Dikubur
Mumi Stoneman Willie akhirnya dikubur. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Seorang mumi pria yang dikenal sebagai Stoneman Willie akan menerima penguburan yang layak setelah dipajang di rumah duka di Reading, Pennsylvania, Amerika Serikat, selama 128 tahun.

Pria tak dikenal itu adalah seorang pecandu alkohol yang meninggal karena gagal ginjal di penjara setempat pada 19 November 1895. "Dia secara tidak sengaja menjadi mumi oleh petugas pemakaman yang bereksperimen dengan teknik pembalseman baru," demikian ungkap Rumah Duka Auman, dilansir Reuters.

Mengenakan jas dengan dasi kupu-kupu, pria kurus itu ditampilkan di dalam peti mati dengan selempang merah di dadanya. Rambut dan giginya tetap utuh, dan kulitnya tampak kasar.

Karena pria tersebut memberikan nama palsu ketika ditangkap karena mencopet, identitas Stoneman Willie tidak diketahui selama bertahun-tahun dan pejabat setempat tidak dapat menemukan kerabatnya.

Rumah duka telah mengajukan petisi kepada negara untuk izin menyimpan jenazah alih-alih menguburkannya untuk memantau proses pembalseman eksperimental.



Namun Rumah Duka Auman mengatakan kini mereka telah mengidentifikasi Stoneman Willie menggunakan dokumen sejarah dan akan mengungkapkan namanya akhir pekan ini ketika mereka menguburkan jenazahnya. Hingga saat ini, tidak banyak yang diketahui tentang dia selain asal Irlandia-nya.

"Kami tidak menyebutnya sebagai mumi. Kami menyebutnya sebagai teman kami Willie," kata Kyle Blankenbiller, direktur pemakaman. "Dia baru saja menjadi sebuah ikon, bagian yang penuh cerita bukan hanya dari masa lalu Reading tapi tentu saja masa kini."

Menjelang pemakaman, kota Reading akan mengenang pria yang telah menjadi bagian dari cerita rakyat kota tersebut selama beberapa generasi.

Pada hari Minggu, penduduk setempat turun ke jalan untuk merayakan ulang tahun Reading yang ke-275 dengan parade warna-warni yang mencakup mobil jenazah yang membawa peti mati Willie.

Sepanjang minggu ini, Willie akan dipajang di Rumah Duka Auman. Pada hari Sabtu, dia akan melakukan perjalanan terakhirnya melalui jalan-jalan Reading dan akan dimakamkan di pemakaman setempat, di mana nama aslinya akhirnya akan tertulis di batu nisannya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)