5 Alasan Utama Robert Fico Dianggap Lebih Mendukung Rusia

Senin, 02 Oktober 2023 - 18:55 WIB
loading...
5 Alasan Utama Robert Fico Dianggap Lebih Mendukung Rusia
Pemimpin Partai SMER-SSD Robert Fico berjalan di luar markas partainya pada hari pemilu parlemen awal negara itu di Bratislava, Slovakia, 30 September 2023. Foto/REUTERS/Eva Korinkova
A A A
BRATISLAVA - Robert Fico adalah seorang politikus Slovakia yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Slovakia dari tahun 2006 hingga 2010, 2012 hingga 2018, dan 2022 hingga 2023.

Fico dikenal sebagai tokoh yang memiliki pandangan pro-Rusia, yang sering kali menimbulkan kontroversi di dalam negeri Slovakia dan di luar negeri.

Ada beberapa alasan yang dapat menjelaskan mengapa Fico lebih mendukung Rusia. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Hubungan Sejarah dan Budaya yang Erat


Slovakia dan Rusia memiliki hubungan sejarah dan budaya yang erat. Kedua negara pernah menjadi bagian dari Kekaisaran Austro-Hongaria, dan mereka memiliki banyak kesamaan dalam hal bahasa, agama, dan budaya.

Hal ini membuat Fico merasa lebih dekat dengan Rusia daripada dengan negara-negara Barat.

2. Kepentingan Ekonomi


Slovakia sangat bergantung pada pasokan gas alam dari Rusia. Pada tahun 2022, Rusia memasok sekitar 85% gas alam yang digunakan di Slovakia.

Hal ini membuat Slovakia menjadi rentan terhadap tekanan politik dari Rusia.

3. Pandangan Politik


Fico adalah seorang sosialis yang memiliki pandangan politik yang berbeda dengan negara-negara Barat.

Dia lebih konservatif dan nasionalis, dan ia sering kali mengkritik kebijakan-kebijakan Barat. Hal ini membuatnya lebih sejalan dengan Rusia, yang juga memiliki pandangan politik yang konservatif dan nasionalis.

4. Persepsi tentang NATO


Fico memiliki persepsi negatif tentang NATO. Dia berpendapat bahwa NATO adalah aliansi militer yang agresif yang mengancam Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)