Kibuli Ukraina, Rusia Melukis Bomber Nuklir Tu-95 di Pangkalan Engels sebagai Umpan

Senin, 02 Oktober 2023 - 09:32 WIB
loading...
Kibuli Ukraina, Rusia Melukis Bomber Nuklir Tu-95 di Pangkalan Engels sebagai Umpan
Rusia melukis pesawat pengebom nuklir Tu-95 di Pangkalan Udara Engels sebagai umpan palsu untuk Ukraina. Foto/PlanetLabs via The War Zone
A A A
MOSKOW - Militer Rusia telah melukis gambar yang menyerupai pesawat pengebom (bomber) nuklir Tu-95MS di landasan Pangkalan Udara Engels. Lukisan itu sebagai umpan untuk serangan Ukraina yang mengiranya sebagai pesawat sungguhan.

Taktik Moskow ini terungkap oleh citra satelit PlanetLabs yang diambil pada 29 September lalu.

Pangkalan Udara Engels telah berkali-kali diserang Ukraina, termasuk dengan serangan drone lokal yang diperintahkan militer Kyiv.

Citra satelit yang diberikan kepada The War Zone menunjukkan gambar-gambar dua dimensi di dinding parkir Pangkalan Udara Engels.



Meskipun satu proyek tampaknya sudah selesai, namun proyek kedua baru selesai sebagian, tambahnya.

“Perlu dicatat bahwa mungkin saja ini adalah semacam kain/kanvas atau umpan lainnya, tetapi dimensi vertikalnya kecil atau tidak ada sama sekali, jadi kemungkinan besar itu adalah cat,” tulis majalah online tersebut, yang dikutip Sky News, Senin (2/10/2023).

Laporan tersebut menjelaskan sejumlah alasan di balik umpan palsu tersebut, dan alasan utama kemungkinan adalah untuk mengelabui satelit dan menggagalkan serangan Ukraina.

Pada bulan Desember, Ukraina melancarkan serangan pesawat tak berawak ke pangkalan udara tersebut dengan laporan yang menunjukkan bahwa mereka merusak pesawat Tupolev Tu-95MS.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)