Lihat Video Senjata Makan Tuan, Jet Tempur Su-35 Rusia Ditembak Jatuh Pertahanan Udara Sendiri

Sabtu, 30 September 2023 - 13:41 WIB
loading...
Lihat Video Senjata Makan Tuan, Jet Tempur Su-35 Rusia Ditembak Jatuh Pertahanan Udara Sendiri
Jet tempur Su-35 Rusia dilaporkan ditembak jatuh oleh pertahanan udara sendiri. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Pertahanan udara Rusia yang berada dekat dengan garis depan di wilayah Zaporizhzhia selatan Ukraina telah menembak jatuh salah satu jet tempur canggih milik Moskow. Video senjata makan tuan itu beredar di dunia maya.

Menurut laporan blogger militer Rusia dan Ukraina serta akun intelijen sumber terbuka pada hari Jumat sistem pertahanan udara Rusia menyerang jet tempur multiperan Su-35 Rusia di sekitar kota Tokmak, Ukraina yang diduduki, seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (30/9/2023).



Pihak berwenang Rusia belum mengkonfirmasi insiden yang dilaporkan tersebut. Newsweek juga tidak dapat memverifikasi rekaman tersebut secara independen, dan telah menghubungi Kementerian Pertahanan Rusia untuk memberikan komentar melalui email.

Pada akhir Agustus, data yang dikumpulkan dan dianalisis oleh Newsweek mengungkapkan bahwa lebih dari seperlima hilangnya pesawat berawak dan helikopter Rusia sejak dimulainya perang di Ukraina bukan disebabkan oleh tindakan musuh.



Analis Barat mengatakan angkatan udara Rusia memiliki tingkat kerugian yang sangat tinggi, hal ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti terbatasnya waktu pelatihan, sedikitnya pilot berpengalaman dan tekanan pertempuran terus-menerus.

Menurut outlet intelijen sumber terbuka Belanda Oryx, Rusia telah kehilangan empat jet Su-35 sejak pasukannya menyeberang ke wilayah Ukraina pada 24 Februari 2022.

Rusia sering menggunakan jet tempur Sukhoi Su-35 miliknya, yang dianggap sebagai pesawat generasi keempat dengan teknologi generasi kelima, untuk upaya perang yang sedang berlangsung di Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)