5 Alasan Presiden Putin Meminta Andrey Troshev Memimpin Wagner

Sabtu, 30 September 2023 - 03:35 WIB
loading...
5 Alasan Presiden Putin Meminta Andrey Troshev Memimpin Wagner
Andrey Troshev resmi memimpin Wagner. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin pernah mengatakan seorang komandan tertinggi Grup Wagner dapat mengambil alih perusahaan militer swasta tersebut menggantikan pimpinannya saat ini Yevgeny Prigozhin. Orang tersebut adalah Andrey Troshev.

Apalagi, Andrey Troshev telah mendapatkan restu langsung dari Putin ketika bertemu secara langsung. Putin telah memerintahkan Troshev untuk mengirimkan tentara bayaran Wagner ke medan perang di Ukrina.

CNN melaporkan bahwa Putin menyarankan agar Andrey Troshev, yang biasa dipanggil Sedoy, dapat mengambil alih Wagner Group.

“Mereka semua bisa berkumpul di satu tempat dan terus mengabdi [di bawah Troshev] dan tidak ada yang berubah bagi mereka. Mereka akan dipimpin oleh orang yang sama yang telah menjadi komandan sebenarnya selama ini...Banyak orang mengangguk [afirmatif] ketika saya mengatakan itu,” kata Putin, seperti dilansir CNN.

Kenapa Andrey Troshev layak memimpin Wagner? Berikut adalah 5 alasannya.

1. Andrey Troshev Adalah Anggota Pendiri Wagner


Andrey Troshev adalah anggota pendiri Wagner Group dan Direktur Eksekutif Wagner Group. Dia menggunakan tanda panggilan Sedoy, yang berarti rambut beruban.

2. Sukses Menyelamatkan Rezim Presiden Suriah Bashar Al-Assad

5 Alasan Presiden Putin Meminta Andrey Troshev Memimpin Wagner

Foto/Reuters

Troshev diidentifikasi sebagai kepala staf Grup Wagner di Suriah, tempat perusahaan militer swasta tersebut mendukung rezim Presiden Bashar Al-Assad, menurut dokumen sanksi Uni Eropa (UE) yang dikutip oleh CNN.

Troshev lahir pada bulan April 1953 di Leningrad di bekas Uni Soviet, sesuai dengan dokumen sanksi.

“Andrey Troshev terlibat langsung dalam operasi militer Grup Wagner di Suriah. Dia secara khusus terlibat di wilayah Deir ez-Zor. Oleh karena itu, ia memberikan kontribusi penting terhadap upaya perang Bashar al-Assad dan oleh karena itu mendukung dan mendapat manfaat dari rezim Suriah,” demikian isi dokumen sanksi tersebut.

3. Pernah Berperang di Chechnya dan Afghanistan

5 Alasan Presiden Putin Meminta Andrey Troshev Memimpin Wagner

Foto/Reuters

Troshev adalah pensiunan kolonel militer Rusia dan juga bertugas di Afghanistan.

“Rambut abu-abu juga merupakan mantan pegawai detasemen respons cepat khusus Distrik Federal Barat Laut Kementerian Dalam Negeri Rusia, demikian laporan media online Rusia Fontanka. Ia juga seorang veteran perang di Chechnya dan Afghanistan,” lapor CNN.

Atas jasanya di Afganistan, Troshev dianugerahi dua Order of the Red Star, sebuah penghargaan Uni Soviet untuk pengabdiannya yang luar biasa, dan ia juga dianugerahi dua Order of Courage dan sebuah medali Order of Merit for the Fatherland, gelar ke-2 untuk pengabdiannya di Afghanistan dan operasi di Chechnya.

4. Troshev Mampu Memimpin Wagner

Penjelasan paling sederhana adalah bahwa Putin ingin mempertahankan Grup Wagner sebagai kekuatan tempur tetapi tidak di bawah Prigozhin yang telah menunjukkan kemampuannya untuk melemahkan otoritasnya – meskipun secara tidak langsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)