Sambut Maulid Nabi, Bom Bunuh Diri Guncang Masjid Pakistan, 52 Orang Tewas

Jum'at, 29 September 2023 - 20:28 WIB
loading...
A A A
Taliban Pakistan, yang dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), kumpulan dari berbagai kelompok militan Islam Sunni, membantah terlibat dalam serangan itu.

Terjadi peningkatan serangan militan di wilayah barat Pakistan menjelang pemilu nasional yang dijadwalkan berlangsung pada Januari.

Sebelumnya pada September, sebanyak 11 orang tewas dalam pemboman lain di Balochistan.

Lebih dari 40 orang tewas dalam serangan bunuh diri pada Juli di satu pertemuan partai politik di provinsi barat laut Khyber Pakhtunkhwa.

Pihak berwenang di Karachi, kota terpadat di Pakistan, sekitar 600 km dari Mastung, telah diperintahkan meningkatkan keamanan dan tetap “siaga tinggi,” menurut inspektur jenderal di wilayah tersebut.

Para pejabat telah meminta polisi mewaspadai militan yang menargetkan pertemuan yang merayakan hari lahir Nabi Muhammad, Maulid Nabi, hari libur nasional yang mencakup perayaan sepanjang hari dan pembagian makanan gratis.

Menteri Dalam Negeri sementara Pakistan, Sarfraz Bugti, mengecam pemboman tersebut sebagai “tindakan keji.”

Sementara itu, laporan juga menunjukkan adanya ledakan kedua pada Jumat di satu masjid dekat kota Peshwar di provinsi Khyber Pakhtunkhwa.

Jumlah korban masih belum jelas, namun pihak berwenang mengatakan beberapa korban mungkin terjebak di bawah reruntuhan. “Kapasitas masjid adalah 40 hingga 50 orang,” ungkap para pejabat.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)