Profil Viktor Sokolov, Komandan Rusia yang Dikabarkan Tewas oleh Ukraina

Jum'at, 29 September 2023 - 16:46 WIB
loading...
Profil Viktor Sokolov, Komandan Rusia yang Dikabarkan Tewas oleh Ukraina
Laksamana Viktor Sokolov. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Kabar tewasnya Laksamana Viktor Sokolov menjadi perhatian besar dunia internasional. Meski demikian, Rusia ternyata langsung memberi bantahan tentang pemberitaan tersebut.

Tak tanggung-tanggung, Moskow merilis sebuah video yang menunjukan Sokolov masih hidup dan tampak sehat. Hal ini tentu berbeda dari klaim yang diberikan Ukraina pada beberapa waktu sebelumnya.

Lebih jauh, siapakah sebenarnya sosok Viktor Sokolov ini? Berikut ulasan profilnya yang bisa disimak.

Profil Viktor Sokolov


Pemilik nama lengkap Viktor Nikolayevich Sokolov ini adalah seorang petinggi di Angkatan Laut Rusia. Pangkatnya sendiri dikatakan telah mencapai level Laksamana.

Mengutip laman Express UK, Jumat (29/9/2023), Sokolov adalah salah satu jenderal andalan Vladimir Putin di Crimea. Dalam hal ini, dia bertugas sebagai Komandan Armada Laut Hitam.

Posisi Komandan Armada Laut Hitam Rusia ditempati Sokolov sejak 2022 lalu. Melihat sepak terjangnya di militer Kremlin, dia juga telah banyak menempati posisi strategis lain sebelumnya.

Sokolov lahir pada 4 April 1962. Dulunya, dia menamatkan pendidikan di Sekolah Tinggi Angkatan Laut Frunze di Leningrad sekitar tahun 1985.

Menurut catatan dari Angkatan Laut Rusia, penugasan pertama Sokolov adalah di Armada Pasifik. Waktu itu, dia menjadi komandan hulu ledak torpedo dan ranjau di kapal patroli SKR-61.

Seiring waktu, kariernya mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini bisa terlihat dari mulai dipercayanya Sokolov untuk menduduki posisi-posisi penting.

Sepanjang 80-an hingga awal 2000-an, Sokolov memang banyak berjibaku di Armada Pasifik dan Utara. Namanya semakin dikenal ketika ditunjuk menjadi wakil komandan Armada Utara pada 2013.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)