Azerbaijan Tangkap Miliarder Eks Warga Rusia yang Jadi Menteri Nagorno-Karabakh

Kamis, 28 September 2023 - 12:45 WIB
loading...
A A A
Pos pemeriksaan tempat Vardanyan ditangkap adalah bagian dari koridor Lachin, jalan pegunungan utama yang menghubungkan Nagorno-Karabakh dengan Armenia. Baku memasangnya pada bulan April ketika terjadi perselisihan dengan Yerevan mengenai tanggung jawab masing-masing berdasarkan gencatan senjata tahun 2020 yang ditengahi oleh Rusia, yang mengakhiri perang 44 hari di wilayah tersebut.

Vardanya, miliarder kelahiran Yerevan berusia 55 tahun, memperoleh kekayaannya sebagai investor di Moskow pada tahun 1990-an.

Troika Dialog, yang tumbuh menjadi perusahaan bernilai miliaran dolar, dibeli oleh bank terbesar di negara itu, yang sekarang bernama Sber, dalam kesepakatan yang diselesaikan pada tahun 2012.

Vardanyan juga memimpin beberapa proyek modal ventura selain Troika. Pada tahun 2021, Forbes memperkirakan kekayaan bersihnya mencapai USD1 miliar.

vardanyan mengumumkan bahwa dia telah melepaskan kewarganegaraan Rusia-nya dan pindah ke Nagorno-Karabakh pada September 2022 melalui video yang direkam di wilayah tersebut.

Dia menyatakan bahwa adalah tugasnya untuk pindah ke “pusat Armenia” untuk memperkuat rakyatnya dan meredakan ketegangan dengan Azerbaijan.

Vardanyan mengambil posisi menteri di Nagorno-Karabakh pada bulan berikutnya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)