Azerbaijan Tangkap Miliarder Eks Warga Rusia yang Jadi Menteri Nagorno-Karabakh

Kamis, 28 September 2023 - 12:45 WIB
loading...
Azerbaijan Tangkap Miliarder Eks Warga Rusia yang Jadi Menteri Nagorno-Karabakh
Azerbaijan menangkap Ruben Vardanyan, miliarder Armenia yang menjadi menteri di pemerintahan Nagorno-Karabakh. Foto/State Border Service Of Azerbaijan
A A A
BAKU - Pasukan penjaga perbatasan Azerbaijan telah menangkap Ruben Vardanyan, miliarder mantan warga negara Rusia yang menjadi menteri di pemerintahan Nagorno-Karabakh.

Miliarder yang pernah menjadi salah satu pemilik kelompok keuangan Troika Dialog itu ditangkap ketika mencoba meninggalkan wilayah Nagorno-Karabakh.

Penangkapannya diumumkan Layanan Perbatasan Negara Azerbaijan pada hari Rabu.

Vardanyan merupakan miliarder dan politisi Armenia yang melepaskan kewarganegaraan Rusia-nya tahun lalu.

Dia mencoba melarikan diri setelah Azerbaijan merebut kembali kendali Nagorno-Karabakh dalam operasi militer yang cepat pekan lalu.



Istri Vardanyan, Veronika Zonabend, mengatakan kepada wartawan bahwa suaminya ditawan bersama ribuan orang Armenia lainnya yang mencoba meninggalkan wilayah tersebut.

“Suami saya, Ruben Vardanyan, seorang dermawan, pengusaha dan mantan menteri negara Artsakh [Nagorno-Karabakh], telah ditangkap dan ditawan oleh otoritas Azerbaijan di perbatasan ketika dia berusaha untuk pergi pagi ini, bersama dengan ribuan orang Armenia yang melarikan diri dari pendudukan Azerbaijan,” katanya, seperti dikutip The Guardian, Kamis (28/9/2023).

“Ruben berdiri bersama masyarakat Arsakh selama 10 bulan blokade dan menderita bersama mereka dalam perjuangan untuk bertahan hidup. Saya meminta doa dan dukungan Anda untuk memastikan pembebasan suami saya dengan selamat.”

Sedangkan pihak berwenang Azerbaijan mengumumkan telah menahan seorang pemimpin senior “separatis Armenia” di pos pemeriksaan Lachin. Dia diangkut ke Baku, di mana nasibnya akan ditentukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)