5 Fakta Edwin Wagensveld, Sosok Anti-Islam Pembakar Alquran yang Menggemparkan

Rabu, 27 September 2023 - 14:50 WIB
loading...
5 Fakta Edwin Wagensveld, Sosok Anti-Islam Pembakar Alquran yang Menggemparkan
Edwin Wagensveld memang kerap melakukan aksi pembakaran Alquran dan aksi provokasi lainnya. Foto/Anadolu
A A A
AMSTERDAM - Edwin Wagensveld lagi dan lagi membuat umat Muslim dunia marah. Baru-baru ini, dia menjadi sorotan kala melakukan aksi merobek dan menginjak-injak kitab suci umat Islam.

Tak tanggung-tanggung, Edwin melakukan aksi tak terpujinya ini di depan kedutaan-kedutaan negara yang memiliki umat Muslim besar seperti Indonesia hingga Turki. Selain melakukan penistaan terhadap Alquran , dia juga melontarkan berbagai hinaan terhadap agama Islam dan para pemeluknya.

Lebih jauh, siapakah sebenarnya sosok Edwin Wagensveld ini? Untuk mengenalnya lebih banyak, berikut sejumlah faktanya yang bisa disimak.

Fakta Edwin Wagensveld

1. Tokoh Anti-Islam

Aksi tak terpuji dari Edwin Wagensveld bukan hanya dilakukan sekali saja. Tercatat. dia telah banyak melakukan tindakan serupa di berbagai tempat berbeda.

Tak menyangkalnya, Edwin memang telah mengakui dirinya sebagai tokoh anti-Islam. Dia bahkan diketahui sebagai salah satu pemimpin Pegida, sebuah kelompok anti-Muslim yang kerap melakukan aksi provokatif terhadap umat Islam di dunia.

Pegida sendiri adalah kependekan dari Patriotic Europeans Against The Islamization of West. Sesuai namanya, kelompok ini menentang Islamisasi di Barat.

Baca Juga: Siapa Rupert Murdoch? Miliarder yang Selalu Memiliki Hasrat Uang dan Ambisi Kekuasaan

2. Aktivis Sayap Kanan Belanda

Tak hanya menjadi pentolan Pegida, Edwin Wagensveld ternyata juga dikenal sebagai seorang aktivis sayap kanan di Belanda. Meski demikian, belum diketahui lebih jauh terkait partai atau organisasi lain yang dilayaninya.

Saat bertindak, Edwin lebih sering menggunakan nama kelompok Pegida. Bersama para pengikut setianya, dia melakukan berbagai aksi provokatif yang ditujukan langsung kepada umat Islam di dunia.

3. Berulang Kali Menista Alquran

Sedikit dijelaskan di atas, Edwin telah berulang kali melakukan tindakan penistaan terhadap Alquran. Baru-baru ini, dia menargetkan kedutaan milik Indonesia dan Turki yang berada di Belanda.

Pada aksinya kali ini, Edwin menginjak-injak dan merobek Alquran. Pihak kepolisian setempat memberi izin dengan syarat tidak ada tindakan pembakaran Alquran.

Namun, dalam salah satu video yang tersebar, tampak Edwin membakar sejumlah halaman Alquran yang sudah robek di sebuah wadah.

4. Tak Cuma Menista Alquran

Pada tindakannya, Edwin tak hanya melakukan penistaan terhadap kitab suci umat Islam. Dalam hal ini, dia beserta pengikutnya juga kerap melontarkan kata-kata hinaan kepada umat Muslim di dunia.

Tindakan Edwin beserta kelompoknya ini tentu membuat umat Muslim dunia marah. Hanya saja, dia tidak pernah mengindahkan protes atau bahkan ancaman yang menimpa dirinya atas aksi tersebut.

5. Sering Masuk Pengadilan

Atas aksinya seperti merobek Alquran, sejatinya Edwin juga sudah sering diproses hukum. Meski demikian, dia masih bisa bebas dan terus melakukan tindakan serupa di kemudian hari.

Itulah sejumlah fakta terkait Edwin Wagensveld, sosok anti-Islam yang kerap melakukan aksi provokasi ke umat Muslim dunia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)