Cucu Perempuan Nelson Mandela Meninggal pada Usia 43 Tahun

Selasa, 26 September 2023 - 21:33 WIB
loading...
Cucu Perempuan Nelson Mandela Meninggal pada Usia 43 Tahun
Cucu perempuan Nelson Mandela, Zoleka Mandela, meninggal dunia pada usia 43 tahun. Foto/ABC News
A A A
CAPE TOWN - Cucu mendiang pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela , Zoleka Mandela, meninggal dunia pada usia 43 tahun.

“Nelson Mandela Foundation menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga Mandela atas meninggalnya Zoleka Mandela, secara tragis tadi malam,” kata Yayasan Nelson Mandela dalam pernyataan yang dirilis Selasa (26/9/2023) pagi waktu setempat seperti dikutip dari ABC News.

“Kami berduka atas kehilangan cucu tercinta dari Ibu Winnie dan Madiba serta seorang teman Yayasan,” sambung pernyataan itu.



Lahir pada 9 April 1980, Zoleka Mandela adalah seorang penulis dan aktivis vokal untuk layanan kesehatan dan keadilan sepanjang hidupnya. Lahir dari ayah MJ Seakamela dan ibu Zindzi Mandela, Zoleka Mandela adalah cucu dari Nelson Mandela dan istri keduanya Winnie Mandela.

“Pekerjaannya dalam meningkatkan kesadaran tentang pencegahan kanker dan komitmennya yang teguh untuk menghilangkan stigma seputar penyakit ini akan terus menginspirasi kita semua,” kata Nelson Mandela Foundation.

Sebuah pernyataan yang diposting ke akun Instagram Zoleka Mandela merinci perjuangannya melawan kanker baru-baru ini.

“Pada hari Senin, 18 September, Zoleka Mandela dirawat di rumah sakit untuk menjalani perawatan kanker metastatik di pinggul, hati, paru-paru, panggul, otak, dan sumsum tulang belakang,” demikian bunyi pernyataan yang dikaitkan dengan juru bicara keluarga Zwelabo Mandela.



“Pemindaian terbaru menunjukkan perkembangan penyakit yang signifikan termasuk fibrosis di paru-paru serta beberapa emboli,” sambung pernyataan itu.

“Zoleka meninggal dunia pada Senin malam, 25 September, dikelilingi teman dan keluarga. Terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada tim medis yang merawatnya,” bunyi pesan tersebut.

Yayasan Nelson Mandela mengatakan: “Pikiran kami bersama keluarga dan teman-temannya di saat yang paling sulit ini. Hamba kahle Zoleka, kami akan mengingatmu.”
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)