6 Negara yang Menormalisasi Hubungan dengan Iran, Mayoritas Adalah Musuh Bebuyutan

Senin, 25 September 2023 - 22:09 WIB
loading...
A A A
Keadaan menjadi lebih rumit bagi Mesir, yang memiliki hubungan buruk dengan Iran sejak revolusi Islam pada tahun 1979, yang menggulingkan Shah terakhir.

Presiden Mesir saat itu, Anwar Sadat, memberikan suaka kepada Shah Mohammad Reza Pahlavi ketika dia melarikan diri dari Iran, dan dia tinggal di Kairo sampai kematiannya pada tahun 1980. Pengakuan Mesir terhadap Israel adalah faktor utama lain yang turut memperburuk hubungan kedua negara.

Setelah hubungan kembali dengan Arab Saudi, keberhasilan pemulihan hubungan antara Iran dan Mesir kemungkinan akan menjadi kesepakatan terbesar.

Selama sekitar dua tahun, Teheran dan Kairo telah melakukan pembicaraan – dengan tingkat keriuhan yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang terlihat dalam perundingan dengan Riyadh – dengan mediasi dari Irak dan Oman, ketika keduanya secara serius mempertimbangkan untuk menghidupkan kembali hubungan di tengah perubahan lanskap di bawah kepemimpinan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi.

Baru-baru ini, Raisi dari Iran mengatakan pada konferensi pers di New York bahwa pertemuan terakhir antara para menteri luar negeri kedua negara dapat mengarah pada dimulainya babak baru dalam hubungan bilateral dan bahwa Teheran “tidak melihat adanya hambatan dalam membangun hubungan dengan Mesir”.

3. Yordania

Yordania dan Iran juga telah melakukan perundingan, namun rinciannya masih sedikit dan perundingan tampaknya belum mencapai tahap politik lanjutan karena Amman, salah satu penerima bantuan luar negeri AS terbesar, mungkin gagal mencapai kesepakatan dengan Teheran mengenai Israel dan Suriah.

4. Maroko

Maroko sendiri mengatakan pada tahun 2018 bahwa mereka akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Teheran atas dugaan dukungannya terhadap gerakan kemerdekaan Sahara Barat yang dikenal sebagai Front Polisario.

Namun, langkah Maroko berdiplomasi dengan Iran sangat dipengaruhi oleh Arab Saudi.

5. Djibouti

Menlu Iran Amir-Abdollahian bertemu dengan diplomat terkemuka Djibouti, Mahamoud Ali Youssouf, dan mereka mengumumkan pemulihan hubungan.

6. Maladewa

Menlu Iran Amir-Abdollahian mengadakan pertemuan dengan Ahmed Khaleel, menteri luar negeri Maladewa. Keduanya mengumumkan bahwa hubungan diplomatik formal akan dilanjutkan.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)