6 Negara yang Menormalisasi Hubungan dengan Iran, Mayoritas Adalah Musuh Bebuyutan

Senin, 25 September 2023 - 22:09 WIB
loading...
6 Negara yang Menormalisasi Hubungan dengan Iran, Mayoritas Adalah Musuh Bebuyutan
Normalisasi hubungan Iran dan Arab Saudi memiliki dampak besar. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - Pemulihan hubungan antara Iran dan Arab Saudi telah membawa perubahan besar di luar batas kekuatan regional kedua negara.

Teheran telah menormalisasi hubungan dengan beberapa negara lain, dan upaya sedang dilakukan untuk melakukan perubahan guna membantu menstabilkan kawasan dan mengurangi ketegangan.

Hubungan Teheran-Riyadh menyebabkan lebih banyak kontak antara Iran dan negara-negara tetangga Arab, dengan pertemuan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian dengan Jasem Mohamed Albudaiwi, sekretaris jenderal Dewan Kerjasama Teluk (GCC) di sela-sela Majelis Umum PBB (UNGA) di New York.

Jadi, siapa yang baru-baru ini menjalin kembali hubungan formal dengan Iran, apa perkembangan terkini antara Teheran dan Riyadh, dan siapa lagi yang bisa melakukan hal yang sama dalam meningkatkan hubungan?

1. Arab Saudi

6 Negara yang Menormalisasi Hubungan dengan Iran, Mayoritas Adalah Musuh Bebuyutan

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Iran dan Arab Saudi, yang pertama kali memulai kembali pembicaraan langsung dengan mediasi Irak pada tahun 2021, sama-sama memuji kemajuan pemulihan hubungan mereka.

Negara-negara besar di kawasan ini bertukar duta besar awal bulan ini dan semakin sering melakukan kontak sejak perjanjian tersebut ditandatangani.

Iran mengatakan Presiden Ebrahim Raisi telah menerima undangan para pemimpin Saudi untuk mengunjungi Riyadh, sebuah perjalanan penting yang diperkirakan akan terjadi di masa mendatang.

Teheran, yang awal pekan ini mengucapkan selamat kepada monarki pada hari nasional tersebut, juga telah menyampaikan undangan kepada para pemimpin Saudi untuk berkunjung.

Para menteri luar negeri kedua negara tampak ceria saat bertemu di sela-sela pertemuan 78 UNGA dan membahas peningkatan hubungan bilateral, termasuk mengenai transportasi udara dan laut, dan memfasilitasi lebih banyak acara olahraga setelah Teheran menjamu Cristiano Ronaldo dan bintang sepak bola lainnya.

Amir-Abdollahian mengatakan kepada kepala diplomat Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud bahwa Iran siap untuk merancang dan menandatangani perjanjian kerja sama bilateral yang komprehensif seperti yang dibahas dalam pertemuan Iran dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman pada bulan Agustus.


2. Mesir

6 Negara yang Menormalisasi Hubungan dengan Iran, Mayoritas Adalah Musuh Bebuyutan

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)