10 Strategi Pemerintah Rusia Menerapkan Kurikulum Militeristik untuk Mempersiapkan Generasi Siap Perang

Minggu, 24 September 2023 - 21:21 WIB
loading...
10 Strategi Pemerintah Rusia Menerapkan Kurikulum Militeristik untuk Mempersiapkan Generasi Siap Perang
Belajar pengalaman perang di Ukraina, Pemerintah Rusia menerapkan kurikulum militeristik. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Taman bermain di Rusia kini menjadi tempat parade. Di sekolah-sekolah dari Pasifik hingga Laut Hitam, anak-anak di kelas taman kanak-kanak mengenakan seragam dan ikut serta dalam latihan berbaris.

Anak-anak yang lebih besar diajari cara menggali parit, melempar granat, dan menembak dengan amunisi sungguhan.

Di sekolah-sekolah di seluruh negeri, dinas militer diagung-agungkan, “kelompok sukarela” remaja dibentuk dan kurikulum nasional diubah untuk menekankan pembelaan terhadap tanah air.

Singkatnya, anak-anak Rusia sedang bersiap menghadapi perang.

Militerisasi sekolah-sekolah umum di Rusia telah meningkat sejak invasi Rusia ke Ukraina, bukan didorong oleh gelombang perasaan patriotik secara spontan, namun oleh pemerintah di Moskow.

Berikut adalah 10 strategi Rusia menerapkan kurikulum militeristik.

1. Mendirikan Klub Militer Patriotik di Sekolah dan Universitas

10 Strategi Pemerintah Rusia Menerapkan Kurikulum Militeristik untuk Mempersiapkan Generasi Siap Perang

Foto/CNN

Investasinya sangat besar. Menteri Pendidikan Sergei Kravtsov baru-baru ini mengatakan bahwa kini ada sekitar 10.000 klub “militer-patriotik” di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi Rusia, dan seperempat juta orang mengambil bagian dalam kegiatan mereka.

Klub-klub ini merupakan bagian dari upaya multi-cabang yang mencakup perombakan radikal terhadap kurikulum sekolah. Ada kelas wajib tentang nilai-nilai militer-patriotik; buku-buku sejarah yang diperbarui menonjolkan kemenangan militer Rusia.

2. Mengganti Buku Teks

10 Strategi Pemerintah Rusia Menerapkan Kurikulum Militeristik untuk Mempersiapkan Generasi Siap Perang

Foto/RIA Novosti

Pada bulan Agustus, Presiden Vladimir Putin menandatangani undang-undang yang memperkenalkan mata pelajaran wajib baru di sekolah: “Dasar-Dasar Keamanan dan Pertahanan Tanah Air.”

Sejarah modern juga sedang ditulis ulang. Buku teks standar, ‘Sejarah Rusia’, kini menampilkan Jembatan Krimea di sampulnya dan bab baru yang dikhususkan untuk sejarah terkini Ukraina. Ada bagian yang berjudul “Pemalsuan sejarah”, “Kebangkitan Nazisme”, “Neo-Nazisme Ukraina”, dan “Rusia adalah negara pahlawan”.

Putin telah berulang kali secara keliru menggambarkan invasi Rusia ke Ukraina sebagai “misi khusus” untuk melindungi penutur bahasa Rusia dari genosida yang dilakukan oleh “neo-Nazi.”

Sebuah babak baru secara keliru mengklaim bahwa Ukraina “secara terbuka menyatakan keinginannya untuk memperoleh senjata nuklir,” dan “sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya telah dijatuhkan terhadap Rusia, karena Barat berupaya dengan segala cara untuk menjatuhkan perekonomian Rusia.”

Buku ini tampaknya dirancang untuk membangkitkan rasa duka historis di kalangan anak-anak Rusia dan memaparkan perjuangan eksistensial demi kelangsungan hidup negara tersebut, sebuah tema umum di media pemerintah yang disebarkan setiap hari ke ruang keluarga di seluruh negeri.

3. Ritual Perang dan Tradisi Militer Jadi Prioritas di Sekolah

10 Strategi Pemerintah Rusia Menerapkan Kurikulum Militeristik untuk Mempersiapkan Generasi Siap Perang

Foto/Reuters

Kementerian Pendidikan kemudian mempromosikan kursus-kursus sebagai bagian dari inisiatif ini yang mencakup kunjungan ke unit-unit militer, “permainan olahraga militer, pertemuan dengan personel militer dan veteran,” dan kelas-kelas tentang drone.

Siswa sekolah menengah juga akan diajari untuk menggunakan peluru tajam “di bawah bimbingan perwira atau instruktur unit militer yang berpengalaman secara eksklusif di garis tembak,” menurut kementerian.

Program tersebut, yang sedang diuji tahun ini dan akan diperkenalkan pada tahun 2024, dirancang untuk menanamkan pada siswa “pemahaman dan penerimaan terhadap estetika seragam militer, ritual militer, dan tradisi tempur,” berdasarkan dokumen Kementerian Pendidikan yang ditemukan oleh outlet media independen Rusia, Important Stories.

5. Menanamkan Jiwa Patriotisme

Presiden Putin secara pribadi memimpin kampanye untuk menanamkan patriotisme ke sekolah-sekolah Rusia. Pada sebuah acara di Kremlin bulan ini, dia menceritakan kepada sekelompok anak-anak tentang surat yang dikirimkan kakeknya kepada ayahnya, yang berperang melawan Nazi selama Perang Dunia II.

“Kalahkan sampah itu!” dia telah memberitahunya, menurut laporan Putin.

Putin melanjutkan: “Saya menyadari mengapa kita memenangkan Perang Patriotik Hebat. Orang dengan sikap seperti itu tidak bisa dikalahkan. Kami benar-benar tak terkalahkan, sama seperti kami sekarang.”

6. Anak-anak Diajari Merakit Senjata

10 Strategi Pemerintah Rusia Menerapkan Kurikulum Militeristik untuk Mempersiapkan Generasi Siap Perang

Foto/Reuters

Sebuah survei ekstensif yang dilakukan CNN terhadap media lokal dan sosial di Rusia menemukan bahwa anak-anak berusia tujuh atau delapan tahun telah menerima pelatihan dasar militer.

Pada bulan Juli, misalnya, anak-anak di Belgorod memberikan tanda panggilan kepada diri mereka sendiri – salah satunya menggunakan “Sledgehammer” – dan mengambil bagian dalam latihan yang mencakup penggunaan senjata otomatis, merakit senapan mesin, dan melewati rintangan.

Gubernur Belgorod Vyacheslav Gladkov menyarankan untuk melakukan latihan bersama anak-anak sekolah dan prasekolah secara rutin.

Di Krasnodar pada bulan Mei, puluhan anak-anak yang berusia tidak lebih dari tujuh atau delapan tahun berbaris dengan seragam tentara dan angkatan laut, beberapa di antaranya memegang senjata otomatis tiruan, ketika mereka melewati para pejabat tinggi di podium.

Dalam parade yang diadakan di kota Vologda, seorang anak kecil memberi hormat dan berkata kepada petugas: “Komandan parade! Parade sudah siap. Saya Komandan Uliana Shumelova.”

Pemandangan serupa juga terjadi dari Sakhalin di Timur Jauh Rusia hingga Yeysk di Laut Azov. Ada anak yang terlihat bersemangat, ada pula yang kebingungan. Di Yeysk, seorang anak prasekolah memimpin barisan penjaga perbatasan, sementara teman-temannya meneriakkan: “Satu, dua, tiga. Kiri, kiri, kiri!”

7. Membiasakan Menggunakan Seragam Militer sejak Kecil

Sebagian besar anak-anak dalam parade ini mengenakan seragam militer, mencoba berbaris tanpa banyak hasil. Seringkali mereka membawa gambar pahlawan militer Rusia.

Simbolisme dari apa yang disebut Kremlin sebagai “Operasi Militer Khusus” di Ukraina juga dirayakan. Di kota Astrakhan, anak-anak taman kanak-kanak mengenakan seragam dan kendaraan mainan berhiaskan huruf Z, simbol propaganda yang digunakan untuk menunjukkan dukungan terhadap perang Ukraina.

Kementerian Pertahanan telah meningkatkan jangkauannya ke sekolah-sekolah melalui program Pohon Harapan Natal yang dipublikasikan secara luas, mirip dengan Yayasan Make-A-Wish, yang mana menterinya sendiri, Sergei Shoigu, juga aktif.

Shoigu mengundang seorang gadis berusia 9 tahun bernama Daria dari Udmurt ke parade Hari Kemenangan di Moskow pada bulan Mei. Anak-anak lain mengunjungi helikopter militer dan museum Pertahanan Udara.

8. Mempersiapkan Generasi Mendatang untuk Berdinas Militer

10 Strategi Pemerintah Rusia Menerapkan Kurikulum Militeristik untuk Mempersiapkan Generasi Siap Perang

Foto/Reuters

Anak-anak Rusia juga diharapkan berkontribusi dalam upaya perang dengan cara yang praktis. Partai Rusia Bersatu yang berkuasa meluncurkan sebuah program di Vladivostok di mana anak-anak sekolah menjahit celana dan topi untuk tentara (sesuai pola pesta.)

Di Vladimir, anak-anak menjahit balaclava untuk militer dalam pelajaran ketenagakerjaan, sebagai bagian dari kampanye yang disebut “Kami menjahit untuk laki-laki kami.”

Siswa di sebuah sekolah teknik di Voronezh ditugaskan membuat kompor bergerak dan lilin parit untuk militer Rusia. Gadis remaja penyandang disabilitas di Ussuriysk direkrut untuk menjahit ikat kepala dan perban “Kawan atau Musuh” untuk Distrik Militer Utara. Dan di Buryatia di Timur Jauh Rusia, anak-anak yatim piatu menjahit jimat ‘keberuntungan’ untuk tentara yang bertempur di Ukraina.

Ada juga kampanye penulisan surat. “Anak laki-laki berusia lima tahun dari taman kanak-kanak menjawab dengan percaya diri,” demikian bunyi sebuah outlet berita lokal di Chita. “Sebelum menyegel amplop segitiga, mereka dengan hati-hati mewarnai gambar petarung tersebut.”

Semua kegiatan ini dipublikasikan di media regional sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk menggalang semangat patriotik dalam mendukung kampanye Ukraina.

9. Membentuk Moral dan Psikologis Siap Perang

Final distrik di wilayah Orenburg baru saja selesai. 180 atlet dari 14 tim – termasuk wilayah Ukraina yang dicaplok secara ilegal – ikut serta dalam berbagai kompetisi: lempar granat, latihan bor, mengatasi rintangan dan merakit senapan serbu Kalashnikov, menyimpan peralatan, dan kuis sejarah militer.

Tujuannya, menurut Kementerian Pertahanan, adalah untuk “menumbuhkan rasa gotong royong dan kekeluargaan, kualitas moral dan psikologis yang tinggi, serta mempersiapkan generasi muda untuk bertugas di Angkatan Bersenjata Federasi Rusia.”

Militer juga mengunjungi sekolah. Anak-anak di Buryatia berbicara tentang kunjungan seorang tentara yang terluka yang mengklaim bahwa dia telah melawan tentara bayaran Polandia di Ukraina dan mengatakan bahwa orang Ukraina sendiri “tidak ingin berperang dan dipaksa.”


10. Semua Wajib Patuh dengan Kurikulum Militeristik

Setidaknya beberapa guru yang kurang antusias terhadap perubahan ini telah dicopot, meski sulit untuk mengetahui berapa jumlahnya. Direktur sebuah sekolah di Perm mengundurkan diri setelah dikritik oleh aktivis pro-perang. Dia enggan mengikuti kelas tentang SMO.

Sulit juga untuk mengukur bagaimana perasaan orang tua terhadap penerapan kurikulum yang lebih militeristik. Beberapa orang tua telah menyuarakan penolakan mereka, namun mayoritas tampaknya mendukung kampanye militer-patriotik ini, jika survei opini publik dapat dipercaya.

Kantor berita negara RIA Novosti melaporkan bahwa menurut survei, 79% orang tua mendukung penayangan video tentang perang kepada anak-anak mereka.

Komentar di media sosial menunjukkan bahwa banyak orang Rusia merasa negara mereka dikelilingi dan dikucilkan oleh kekuatan yang bermusuhan. Satu-satunya pilihannya adalah mempertahankan diri. Pesan tersebut – yang disampaikan oleh presiden dan media pemerintah – kini diterapkan di sekolah-sekolah Rusia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)