10 Percobaan Pembunuhan Presiden AS yang Terlupakan

Minggu, 24 September 2023 - 05:35 WIB
loading...
10 Percobaan Pembunuhan Presiden AS yang Terlupakan
George W Bush dikenal sebagai presiden AS yang pernah mengalami percobaan pembunuhan. Foto/List Verse
A A A
WASHINGTON - Banyak orang tahu semua tentang keberhasilan pembunuhan presiden Amerika Serikat (AS). Faktanya, orang mungkin tahu banyak tentang konspirasi dan dugaan seputar kematian John F. Kennedy.

Orang bahkan mungkin tahu tentang beberapa percobaan pembunuhan, namun ada banyak upaya yang lebih kredibel untuk merenggut nyawa “pemimpin Dunia Bebas” daripada yang pernah orang bayangkan.

Berikut adalah 10 percobaan pembunuhan presiden AS yang terlupakan.

1. John F. Kennedy Hampir Ditembak Beberapa Minggu Sebelum Pembunuhannya

10 Percobaan Pembunuhan Presiden AS yang Terlupakan

Foto/List Verse

Melansir List Verse, Richard Pavlick berusaha meledakkan Presiden terpilih John F. Kennedy pada bulan Desember 1960. Kennedy beruntung karena Pavlick berubah pikiran pada detik terakhir, namun itu hanyalah upaya pertama dalam upayanya.

Ada dua upaya lain yang layak dilakukan sebelum sore yang menentukan di Dallas itu, dan keduanya terjadi, secara menakjubkan, di kota yang sama pada sore yang sama. Presiden Kennedy menjadwalkan perjalanan ke Chicago pada tanggal 2 November 1963.

Perhentian di Windy City mengalami dua kali lipat. tujuannya—mengadakan pertemuan politik dengan Walikota Richard Daley yang berpengaruh dan menonton pertandingan sepak bola Angkatan Darat-Angkatan Laut di Soldier Field.

Menurut mantan Prajurit Rahasia Abraham Bolden, sekelompok empat orang buangan Kuba, dipimpin oleh Homer Echevarria, berencana membunuh Kennedy di Chicago. Echevarria dan timnya berencana menembakkan senjata otomatis ke iring-iringan mobil Kennedy saat iring-iringan mobil tersebut bermanuver di tikungan Jackson Street dari tempat yang dulu bernama Northwest Expressway. (Sejak itu berganti nama menjadi Jalan Tol Kennedy.)

Seorang ibu pemilik rumah setempat melaporkan kepada polisi pada tanggal 31 Oktober bahwa empat pria di salah satu kamarnya memiliki senjata otomatis. Pengawasan membuntuti orang-orang tersebut, dan setelah keputusan mengemudi yang buruk oleh agen Dinas Rahasia, penyamaran mereka terbongkar.

Dua dari empat pria tersebut ditahan, namun penggeledahan di kamar asrama tidak menunjukkan adanya senjata, sehingga keduanya dibebaskan—dan tidak pernah terlihat lagi. Setelah krisis tersebut dapat dihindari, Dinas Rahasia segera menemukan senjata lain di tangan mereka.

Di persimpangan yang sama, seorang mantan marinir yang paranoid bernama Thomas Vallee merencanakan usahanya sendiri. Vallee adalah anggota John Birch Society sayap kanan dan memiliki opini negatif yang sangat kuat tentang Kennedy.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Dinas Rahasia mengamati bahwa Vallee memiliki senjata berkekuatan tinggi dan 2.500 butir amunisi di kamar hotelnya. Pada tanggal 2 November, hari yang sama dengan jadwal kemunculan Kennedy, polisi membuntuti Vallee saat dia menuju ke tempat di mana Kennedy akan berbelok perlahan ke Jackson, dan mereka menghentikan Vallee ketika dia gagal memberi sinyal di belokan.

2. Harry Truman Menerima Surat Bom

10 Percobaan Pembunuhan Presiden AS yang Terlupakan

Foto/List Verse
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)