10 Perpustakaan Terindah di Dunia, Nomor 5 Awalnya Adalah Toko Buku

Minggu, 24 September 2023 - 04:30 WIB
loading...
A A A
Banyaknya patung dan lukisan dinding di langit-langit mewakili visi arsitek bahwa perpustakaan menjadi tempat melestarikan “harta kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan”.

Tepat di luar perpustakaan terdapat prasasti bertuliskan “In quo omnes thesauri sapientiae et scientiae,” yang artinya “Di dalamnya tersimpan segala khazanah ilmu kemanusiaan dan ilmu pengetahuan.”

5. Biblioteca Joanina, Universitas Coimbra, Portugal

10 Perpustakaan Terindah di Dunia, Nomor 5 Awalnya Adalah Toko Buku

Foto/List Verse

Perpustakaan Umum Universitas Coimbra terdiri dari dua gedung: Gedung Baru yang dibangun pada tahun 1962, dan Perpustakaan Joanina. Pernah disebut sebagai “Rumah Toko Buku” Perpustakaan Joanina adalah salah satu dari lima perpustakaan terbaik di dunia.

Sekarang disebut Biblioteca Joanina, perpustakaan Barok ini dibangun antara tahun 1717 dan 1728, pada masa pemerintahan Raja JoĂŁo V dari Portugal. Di dalam perpustakaan, ada tiga ruangan besar yang dipisahkan oleh lengkungan berornamen.

Kamar-kamarnya, dengan langit-langit yang dihias dengan indah, kaya akan emas dan kayu eksotis, dan dindingnya ditutupi oleh rak buku dua lantai. Saat ini Biblioteca Joanina adalah Monumen Nasional Portugis dan salah satu tempat wisata utama Universitas.

6. Perpustakaan El Escorial, Spanyol

Perpustakaan ini terletak di Royal Seat of San Lorenzo de El Escorial, kediaman bersejarah raja Spanyol. Escorial adalah kompleks bangunan luas di Spanyol tengah.

Bangunan ini merupakan monumen arsitektur terpenting Renaisans Spanyol. Pembangunan El Escorial dimulai pada tahun 1563 dan berakhir pada tahun 1584. Phillip II bertanggung jawab untuk menambah perpustakaan dan sebagian besar buku yang awalnya disimpan di dalamnya.

Langit-langit berkubah dilukis dengan lukisan dinding yang indah, masing-masing mewakili salah satu dari tujuh seni liberal: retorika, dialektika, musik, tata bahasa, aritmatika, geometri, dan astronomi.

7. Bibliotheque Nationale de France, Prancis

10 Perpustakaan Terindah di Dunia, Nomor 5 Awalnya Adalah Toko Buku

Foto/List Verse

Bibliothèque nationale de France adalah Perpustakaan Nasional Perancis yang terletak di Paris.

Tempat ini telah berkembang pesat sejak bangunan baru ditambahkan ke koleksinya pada tahun 1988. Meski begitu, bangunan tua di Rue de Richelieu masih digunakan, dan juga sangat indah.

Perpustakaan ini menyimpan sekitar 5.000 manuskrip Yunani, yang terbagi menjadi tiga fonds: Ancien fonds grec, fonds Coislin, dan Fonds du Supplément grec.

8. Perpustakaan Biara Admont, Austria

10 Perpustakaan Terindah di Dunia, Nomor 5 Awalnya Adalah Toko Buku

Foto/List Verse
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)