10 Jembatan Paling Menakjubkan di Dunia, Nomor 9 Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Minggu, 24 September 2023 - 01:30 WIB
loading...
A A A
Jembatan Mutiara memiliki bentang tengah terpanjang dari semua jembatan gantung di dunia, dengan panjang 1.991m yang selesai dibangun pada tahun 1998.

Jembatan ini merupakan salah satu penghubung utama Proyek Jembatan Honshu-Shikoku, yang menciptakan tiga rute melintasi Laut Pedalaman. Jembatan ini benar-benar teruji kekuatannya bahkan sebelum dibuka ketika jembatan tersebut selamat dari Gempa Kobe pada 17 Januari 1995.

5. Brooklyn, New York, Amerika Serikat

10 Jembatan Paling Menakjubkan di Dunia, Nomor 9 Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Foto/Wonder List

Selesai dibangun pada tahun 1883, Jembatan Brooklyn adalah salah satu jembatan gantung tertua di AS. Jembatan ini merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia sejak dibuka hingga tahun 1903, dengan bentang utama 486,3 m, dan jembatan gantung kawat baja pertama.

Sejak dibuka, tempat ini telah menjadi ikon Kota New York, dan ditetapkan sebagai National Historic Landmark dan National Historic Civil Engineering Landmark.

6. Tsing Ma, Hong Kong

10 Jembatan Paling Menakjubkan di Dunia, Nomor 9 Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Foto/Wonder List

Jembatan Tsing Ma adalah jembatan gantung dengan bentang terpanjang kesembilan di dunia, dan merupakan jembatan terpanjang kedua pada saat penyelesaiannya.

Jembatan ini memiliki dua dek dan mampu menampung lalu lintas jalan raya dan kereta api, yang juga menjadikannya jembatan gantung terbesar dari jenis ini. Tidak ada jalan setapak di jembatan.

Dek selebar 41m ini memuat enam jalur lalu lintas mobil, dengan tiga jalur di setiap arah. Tingkat bawah berisi dua rel kereta api dan dua jalur lalu lintas terlindung, digunakan untuk akses pemeliharaan dan jalur lalu lintas ketika angin topan parah melanda Hong Kong dan dek jembatan ditutup untuk lalu lintas.

7. Milenium Gateshead, Gateshead, Inggris

Disebut sebagai 'Jembatan Mata Berkedip' atau 'Jembatan Mata Berkedip' karena bentuk dan cara kemiringannya. Jembatan Milenium Gateshead adalah jembatan miring pertama dan satu-satunya di dunia saat ini.

Namun hal yang paling menakjubkan tentang penyeberangan Sungai Tyne bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda motor ini adalah seolah-olah ada mata yang berkedip setiap kali naik dan turun. Dibuka untuk umum pada bulan September 2001.

Desainnya yang inovatif dan unik telah memenangkan banyak penghargaan sejak Ratu Elizabeth resmi membukanya pada tahun 2002.

8. Ponte Vecchio, Florence, Italia

10 Jembatan Paling Menakjubkan di Dunia, Nomor 9 Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Foto/Wonder List

Ponte Vecchio adalah jembatan lengkung segmental batu tertutup abad pertengahan di atas Sungai Arno, di Florence, Italia. Kota ini terutama dikenal dengan toko perhiasan, pedagang seni, dan penjual suvenir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)