Mengapa China Sebut Taiwan Sebagai China Taipei di Forum Internasional?

Kamis, 21 September 2023 - 19:01 WIB
loading...
Mengapa China Sebut Taiwan Sebagai China Taipei di Forum Internasional?
Bendera Taiwan dikibarkan dalam suatu acara. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Mengapa Taiwan disebut sebagai China Taipei? Perlu diketahui Taiwan merupakan pulau di Asia Timur, memiliki status politik yang kompleks dan sensitif.

Salah satu aspek yang sering membingungkan adalah penggunaan istilah "Chinese Taipei" untuk merujuk pada Taiwan dalam sejumlah konteks internasional.

Penamaan ini terkait erat dengan sejarah, politik, dan upaya untuk mengatasi konflik antara Taiwan dan Republik Rakyat China (RRC).

Berikut ini penjelasan mengapa Taiwan sering disebut sebagai "Chinese Taipei" dalam berbagai forum internasional.

Latar Belakang Sejarah


Pada tahun 1949, setelah Perang Saudara, Partai Komunis China mendirikan Republik Rakyat China (RRC) di China daratan, sedangkan pemerintah Kuomintang (KMT) melarikan diri ke Taiwan dan mendirikan Republik China (ROC).

Kedua entitas ini mengklaim diri sebagai pemerintah sah China, yang menciptakan situasi dua pemerintahan yang bersaing untuk mengklaim wilayah yang sama.

Komunitas internasional menghadapi dilema saat menanggapi situasi ini. Beberapa negara mengakui RRC sebagai pemerintah sah China dan tidak mengakui ROC, sementara yang lain mengakui ROC sebagai pemerintah sah China.

Hal ini menciptakan konflik nama yang perlu diatasi dalam forum olahraga internasional dan organisasi lainnya.

Pada tahun 1979, Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan berbagai organisasi internasional lainnya mencapai kesepakatan dengan ROC untuk menggunakan istilah "Chinese Taipei" sebagai nama tim olahraga nasional Taiwan.

Kesepakatan ini memungkinkan Taiwan untuk berpartisipasi dalam kompetisi olahraga internasional tanpa mengakui klaim kedaulatan ganda antara ROC dan RRC.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)