Pangeran Mohammed bin Salman: Arab Saudi Harus Dapatkan Senjata Nuklir Jika....

Kamis, 21 September 2023 - 08:40 WIB
loading...
Pangeran Mohammed bin Salman: Arab Saudi Harus Dapatkan Senjata Nuklir Jika....
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman tegaskan kerjaaannya harus mendapatkan senjata nuklir jika Iran memilikinya. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) tanpa basa-basi menegaskan negaranya harus mendapatkan senjata nuklir jika Iran memilikinya.

Komentar Pangeran MBS itu muncul ketika ditanya Fox News tentang potensi Teheran untuk mendapatkan senjata nuklir dan apa artinya bagi Riyadh.

"Jika Iran mendapatkan senjata semacam itu, Arab Saudi harus mendapatkannya untuk alasan keamanan, untuk menyeimbangkan kekuatan," katanya dalam wawancara, yang secara lengkap akan ditayangkan malam ini (21/9/2023).

Putra Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud ini menyuarakan kekhawatiran jika Iran memang benar-benar mengejar ambisi memperoleh senjata nuklir.

“Kami khawatir jika ada negara yang mempunyai senjata nuklir: Itu tindakan yang buruk, itu tindakan yang buruk,” ujarnya.

“Mereka tidak perlu memiliki senjata nuklir karena Anda tidak dapat menggunakannya," paparnya.



Pangeran MBS memperingatkan bahayanya senjata semacam itu karena sudah terbukti diderita Jepang pada akhir Perang Dunia II.

“Negara mana pun yang menggunakan senjata nuklir berarti mereka berperang dengan negara lain,” katanya.

"Dunia tidak bisa melihat Hiroshima lagi. Jika dunia melihat 100.000 orang tewas, itu berarti Anda sedang berperang dengan seluruh dunia," paparnya.

Hiroshima dan Nagasaki adalah dua kota di Jepang yang dibom atom oleh Amerika Serikat pada akhir Perang Dunia II tahun 1945. Keduanya juga menjadi dua kota pertama dan satu-satunya di dunia yang jadi korban senjata nuklir.

“Jadi untuk menggunakan upaya ini untuk mencapai senjata nuklir karena Anda tidak dapat menggunakannya jika Anda menggunakannya, Anda harus melakukan perlawanan besar dengan seluruh dunia," papar Pangeran MBS.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)