AS Serukan Azerbaijan Hentikan Operasi Militer di Nagorno Karabakh

Rabu, 20 September 2023 - 05:37 WIB
loading...
AS Serukan Azerbaijan Hentikan Operasi Militer di Nagorno Karabakh
AS serukan Azerbaijan hentikan operasi militer di Nagorno Karabakh. Foto/RT
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS), melalui Menteri Luar Negeri Antony Blinken, mengungkapkan keprihatinannya atas serangan yang dilakukan Azerbaijan di Nagorno Karabakh . Ia lantas menyerukan Azerbaijan untuk segera menghentikan aksi militernya.

"Tindakan-tindakan ini memperburuk situasi kemanusiaan di Nagorno Karabakh," kata Blinken dalam pernyataan yang dipublikasikan situs Departemen Luar Negeri AS, Rabu (20/9/2023).

Blinken pun menyerukan untuk segera diakhirinya permusuhan dan digelar dialog yang saling menghormati antara Azerbaijan dan perwakilan penduduk Nagorno Karabakh.



"Penggunaan kekuatan untuk menyelesaikan perselisihan tidak dapat diterima dan bertentangan dengan upaya menciptakan kondisi perdamaian yang adil dan bermartabat di kawasan," kata Blinken.

Diwartakan sebelumnya, Azerbaijan meluncurkan aksi militer yang disebutnya sebagai operasi "anti-teroris" di wilayah Nagorno-Karabakh yang berada di bawah kendali etnis-Armenia.

Kementerian Pertahanan Azerbaijan menuduh pasukan Armenia melakukan “penembakan sistematis” terhadap posisi militernya dan mengatakan pihaknya merespons dengan meluncurkan kegiatan anti-teroris lokal untuk melucuti senjata dan mengamankan penarikan formasi angkatan bersenjata Armenia dari wilayahnya.

Mereka bersikeras bahwa mereka tidak menargetkan warga sipil atau bangunan sipil.



“Hanya target militer sah yang dilumpuhkan dengan penggunaan senjata presisi tinggi,” kata Kementerian Pertahanan Azerbaijan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)