Di Peringatan Victory Day, Rusia Unjuk Kekuatan Militer

Selasa, 09 Mei 2017 - 19:34 WIB
Di Peringatan Victory Day, Rusia Unjuk Kekuatan Militer
Di Peringatan Victory Day, Rusia Unjuk Kekuatan Militer
A A A
MOSKOW - Rusia kembali memperingati Victory Day dengan parade militer besar-besaran dari Lapangan Merah di Moskow, hingga ke kota St Petersburg. Victory Day atau yang kerap disebut juga dengan V-day adalah hari kemenangan Rusia dan juga sekutu atas Nazi di Perang Dunia II lalu.

Melansir Russia Today pada Selasa (9/5), dalam parade militer tersebut Rusia menunjukan hampir semua kekuatan militer yang mereka miliki, mulai dari kendaraan tempur, hingga rudal balisitik generasi terbaru.

Ada satu hal yang berbeda dalam peringatan V-day kali ini, yakni adanya parade jet tempur Rusis di kota St Peterburg. Ini adalah kali pertama adanya parade jet tempur di St Peterburg saat perigngatan V-day sejak tahun 1945. Lebih dari 40 pesawat dan helikopter terbang rendah di atas Dvortsovaya Square yang berada di pusat kota St Petersburg.

Di Moskow, yang merupakan pusat dari perayaan, sejumlah senjata dan kendaraan tempur Rusia tampak dilibatkan dalam parade militer. Tampak tank Armata, sistem pertahanan udara S-400, rudal balistik Iskander-M, dam juga sistem pertahanan udara BUK-M2 dan TOR-M2U.

Selain itu, sejumlah jet tempur andalan Rusia turut melakukan aksi di atas langit Moskow. Mig-29 adalah salah satu jet tempur Rusia yang terlibat dalam parade militer itu.

Perayaan V-day sendiri dirayakan di seluruh kantor perwakilan Rusia di dunia. Di Indonesia, perayaan tersebut berlangsung semalam di salah satu hotel di bilangan Jakarta Selatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5504 seconds (0.1#10.140)